Kemenag Sumsel Setop Sementara Pendaftaran Nikah Gara-gara Corona

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 15:44 WIB
Petugas saat melayani akad nikah di tengah pandemi corona (dok. Istimewa)
Petugas saat melayani akad nikah di tengah pandemi Corona. (dok. Istimewa)
Palembang -

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan menyetop sementara pendaftaran pernikahan. Layanan pendaftaran nikah disetop sejak 1 April 2020 hingga waktu yang belum ditentukan.

"Tentu kami akan melihat dulu bagaimana perkembangan penyebaran wabah COVID-19. Bila sudah mereda dan memungkinkan, proses pelayanan nikah akan dilaksanakan seperti semula karena ini juga sementara," kata Kasubbag Umum dan Humas Kemenag Sumsel Saefudin, Jumat (3/4/2020).

Dia mengatakan saat ini pihaknya masih melayani akad nikah bagi warga yang sudah mendaftar jauh-jauh hari. Akad nikah, kata Saefudin, cuma bisa dilakukan di KUA dan dibatasi.

"Sebelumnya pelaksanaan akad nikah kan masih boleh dilaksanakan di luar balai dan hanya dihadiri maksimal 10 orang. Namun mulai April ini, akad nikah hanya boleh dilaksanakan di Kantor Urusan Agama atau balai nikah dan itu terbatas," ucap Saefudin.

Dia berharap masyarakat Sumsel memahami kondisi tersebut. Dia mengatakan layanan terkait haji dan lainnya di Kemenag Sumsel juga terdampak Corona.

"Walaupun saat ini ASN Kemenag Sumsel diinstruksikan bekerja dari rumah, namun kami siap hadir ke kantor bila dibutuhkan," tutur Saefudin.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag meminta masyarakat menunda akad nikah di tengah pandemi virus Corona. Direktur Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan pihaknya telah mengeluarkan surat edaran yang salah satu isinya mengatur layanan Kantor Urusan Agama (KUA).

"Kami telah menerbitkan edaran baru per 2 April 2020. Permohonan pelaksanaan akad nikah di masa darurat COVID-19 untuk pendaftaran baru tidak dilayani. Kami meminta masyarakat menunda pelaksanaannya," ujar Kamaruddin dalam keterangan tertulis, Jumat (3/4).

Cegah Penularan Corona, Polisi Hentikan Resepsi Pernikahan di Kendari:

(ras/haf)