Polisi Tembak Mati Residivis Perampok Sadis di Sumsel

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 10:33 WIB
Konferensi Pers penangkapan perampok sadis (Raja Adil-detikcom)
Foto: Konferensi Pers penangkapan perampok sadis (Raja Adil-detikcom)
Palembang -

Polisi menembak mati perampok sadis di Sumatera Selatan (Sumsel). Perampok berinisial R itu ditembak karena melawan petugas dengan senjata apinya saat hendak ditangkap.

"Saat digerebek pelaku melawan dengan senjata api yang dipakai untuk nembak korban. Terpaksa kami ambil tindakan tegas dan pelaku meninggal dunia saat perjalanan menuju ke rumah sakit," kata Kapolres Ogan Komering Ilir (OKI), AKBP Alamsyah Pelupesy, di RS Kayu Agung, Jumat (3/4/2020).

Dia mengatakan proses penangkapan R berawal dari adanya penemuan mayat laki-laki di OKI pada Kamis (2/4) pagi. Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan memburu terduga pelaku.

"Dari kejadian itu kita bentuk tim dipimpin Kasatres dan Kapolsek Lempuing. Tim ini melakukan penyelidikan memburu pelaku," ujar Alamsyah.

Kasat Reskrim Polres OKI, AKP Agus Prihadinika, menyebut pelaku merupakan residivis kasus perampokan yang bebas pada 2019. Dia mengatakan ada beberapa laporan polisi terkait aksi yang diduga dilakukan R.

"Pelaku ini residivis kasus yang sama dan bebas 2019 kemarin. Ada laporan polisi di sejumlah TKP di OKI," kata Agus.

Agus juga menjelaskan soal mayat yang ditemukan di OKI. Dia mengatakan mayat itu adalah teman R sendiri. Agus menduga R membunuh temannya untuk mencuri motor yang sedang dikendarai.

"Mereka teman, habis jalan-jalan. Sampai belakang pos pantau perusahaan itulah si korban ditembak dan motor diambil. Aksi pelaku selalu dikenal sadis," kata Agus.

Polisi juga mengamankan senjata api rakitan. Selain itu polisi juga mengamankan satu unit sepeda motor milik korban yang sudah dicat dan akan dijual.

(ras/haf)