LinkAja Beri 55 Ribu APD untuk Tenaga Medis hingga Galang Donasi

Yudistira Imandiar - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 16:55 WIB
Linkaja
Foto: Linkaja
Jakarta -

LinkAja bekerja sama dengan Kitabisa.com memberikan donasi 55 ribu Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis. Selain itu, LinkAja dan Kitabisa.com membuka program donasi untuk memberikan bantuan penangan pandemi virus Covid-19.

POH Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja mengatakan, semua kalangan masyarakat bisa ikut berdonasi untuk membantu tenaga medis dan masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan di tengah kondisi darurat virus corona.

"Kami sangat prihatin dengan penyebaran COVID-19 yang semakin tinggi di berbagai wilayah di Nusantara, sebagai uang elektronik nasional yang berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, kami turut berupaya penuh dalam mengendalikan penyebaran virus Corona, dimulai dari lingkungan kantor LinkAja," ujar Haryati melalui keterangan tertulis yang dihimpun detikcom, Kamis (2/4/2020).

Melalui kerja sama dengan Kitabisa.com, LinkAja memberikan bantuan langsung kepada para pekerja di rumah sakit. Jenis bantuan yang diberikan, di antaranya coverall, masker N95, goggle glass, cover shoes, latex gloves, dan surgical gloves. Bantuan tersebut diberikan kepada lima rumah sakit rujukan untuk penyakit corona, di antaranya RSUD Cengkareng, RSUPN Ciptomangunkusumo, RSUD Ulin Banjarmasin, RS Brimob Bhayangkara Kelapa Dua, dan RSUD Kabupaten Sumbawa.

"LinkAja juga mengajak semua kalangan masyarakat untuk dapat memberikan donasi untuk membantu menekan angka penyebaran virus Corona melalui kanal LinkAja Berbagi, yang telah bekerja sama dengan berbagai Lembaga kemanusiaan terkemuka seperti Kitabisa.com, Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap, BenihBaik, dan Dompet Dhuafa," lanjutnya.

Adapun cara untuk berdonasi, yaitu dengan membuka aplikasi LinkAja, lalu pilih menu LinkAja Berbagi. Di sana akan muncul beberapa rekomendasi berbagai lembaga kemanusiaan untuk penyalur donasi melawan Corona, salah satunya adalah LinkAjaBerbagi X KitaBisa Lawan Corona.

Setelah berhasil masukkan nominal donasi, dan konfirmasi PIN donasi langsung terkirim. Para donatur juga dapat menyumbang melalui laman kitabisa.com.

Untuk mendukung kebutuhan harian seluruh masyarakat, khususnya pada periode karantina mandiri dan pembatasan sosial seperti sekarang ini, LinkAja telah dapat digunakan untuk berbagai macam donasi digital di 189 partner donasi, dan 380 e-commerce. Pembayaran dan pembelian kebutuhan sehari hari seperti pulsa telekomunikasi, token listrik, tagihan rumah tangga, iuran BPJS, hingga berbagai layanan keuangan lainnya seperti transfer ke semua rekening bank dan tarik tunai tanpa kartu juga dapat dilakukan melalui aplikasi LinkAja. Tersedia satu juta titik untuk pengisian saldo LinkAja, meliputi ATM dan transfer perbankan, jaringan ritel, hingga layanan keuangan digital.

(mul/mpr)