Pemprov Sumsel Siapkan Rp 100 M Lawan Corona, Pemkab Musi Banyuasin Rp 500 M

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 14:03 WIB
Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex saat menyemprot jalan dan kendaraan yang melintas.
Foto: Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex saat menyemprot jalan dan kendaraan yang melintas. (Istimewa)
Palembang -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menyiapkan dana Rp 500 miliar untuk penanganan COVID-19. Dana disiapkan untuk penanganan maksimal.

"Benar, kami siapkan dana Rp 500 miliar untuk penanganan COVID-19. Semua ini kami siapkan untuk seluruh masyarakat Musi Banyuasin," kata Sekda Pemkab Musi Banyuasin, Apriyadi ketika dimintai konfirmasi, Kamis (2/4/2020).

Dana itu, lanjut Sekda, dianggarkan setelah menyusuri APBD Musi Banyuasin tahun 2020 sesuai arahan Bupati Dodi Reza Alex. Dana setengah triliun digunakan mulai dari persiapan, pencegahan, hingga penanganan virus asal Wuhan, China tersebut.

Hasil yang didapat ada sekitar 500 miliar atau 30 persen dari APBD 2020 sekitar Rp 4,1 triliun. Bahkan angka penanganan ini lebih tinggi dari Provinsi Sumatera Selatan yang hanya menyiapkan Rp 100 miliar.

"Jadi dana itu digunakan untuk persiapan, pencegahan dan penanganan. Termasuk untuk jaminan pengamanan sosial, sebut saja kebutuhan warga baik pekerja harian dan warga kurang mampu sesuai arahan Pak Bupati, Dodi Reza Alex," kata Sekda.

Tidak hanya itu saja, dana juga disiapkan untuk persiapan setelah wabah COVID-19. Sehingga bila ada kenaikan status wajib karantina, Pemkab sudah siap seluruhnya.

"Kita tak tahu COVID-19 ini sampai kapan dan kita tak bisa prediksikan masa depan. Maka kami maksimalkan penanganannya mulai beli alat pelindung diri untuk tenaga medis, rapid test atau peralatan lain yang dibutuhkan" katanya.

Termasuk fasilitas kelengkapan layanan khusus COVID-19 di RS rujukan yang ada di Musi Banyuasin. Begitu juga dengan sarana gedung lainya yang dipersiapkan untuk penangan pasien COVID-19.

Diketahui, Pemkab Musi Banyuasin sudah melakukan berbagai pencegahan sebaran virus COVID-19 sejak awal. Salah satunya yakni dengan mendatangkan seribu rapid test untuk mendeteksi COVID-19 terhadap warga dan paramedis.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2