1 ASN Kalbar Positif Corona Hasil Rapid Test, Punya Riwayat ke Depok

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 10:30 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Pontianak -

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson mengungkapkan seorang ASN di Pemprov Kalbar positif COVID-19 berdasarkan hasil rapid test atau uji cepat. ASN itu punya riwayat perjalanan dinas ke Depok, Jawa Barat, awal Maret lalu.

"Terdapat seorang wanita umur 54 tahun yang bekerja sebagai ASN di Pemerintah Provinsi Kalbar. Untuk hasil rapid test-nya positif, namun untuk memastikannya lebih jauh, kita masih menunggu hasil tes laboratorium," kata Harisson seperti dilansir Antara, Kamis (2/4/2020).

Harisson menyampaikan rapid test itu dilakukan pada Rabu (1/4). Dikatakannya, Dinkes Kalbar belum bisa memasukkan ibu ini sebagai pasien terkonfirmasi positif karena harus menunggu hasil tes polymerase chain reaction (PCR).

Harisson menjelaskan ibu itu pada 2-4 Maret lalu melakukan perjalanan dinas ke Depok, Jawa Barat, kemudian pada 27 Maret mengalami sakit. Napasnya terasa berat dan dirawat di rumah karena anaknya seorang tenaga medis.

Kemudian, lanjutnya, pada 1 April, ibu ini berobat ke RSUD SSMA Pontianak karena gejalanya menunjukkan ada kecurigaan terhadap COVID-19, maka ibu ini dilakukan pemeriksaan rapid test COVID-19.

"Dan hasil pemeriksaan itu, ibu ini positif COVID-19, tapi ini dengan pemeriksaan rapid test, pemeriksaan ini akurasinya hanya sekitar 60 sampai 70 persen, jadi kita tetap memerlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan PCR," tuturnya.

Karantina Mandiri, Kampung ini Bikin Portal Satu Pintu:

Selanjutnya
Halaman
1 2