Yuliana Makin Fasih Teknologi karena WFH

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 10:03 WIB
BNI
Foto: shutterstock
Jakarta -

Demi menekan angka penyebaran virus Corona, anjuran untuk tetap di rumah terus digaungkan oleh pemerintah. Hal ini tentunya berdampak tak hanya untuk urusan pekerjaan, tapi juga kegiatan belajar mengajar (KBM). Berbagai Perguruan Tinggi sudah mulai menerapkan sistem belajar online mulai dari 16 Maret lalu.

Selain sistem KBM, urusan pembayaran uang kuliah pun juga terkena dampaknya. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang membayar uang kuliah langsung melalui teller di bank. Guna membatasi interaksi langsung, sebagian orang beralih ke pembayaran online melalui e-channel perbankan.

Salah satu Account Payable di perusahaan swasta, Yuliana mengaku mulai beralih memanfaatkan layanan perbankan online. Ia biasanya melakukan pembayaran uang kuliah adiknya langsung melalui teller bank. Namun, terkait mulai diberlakukannya WFH dan physical distancing, Yuliana memanfaatkan fitur virtual account pada BNI Mobile Banking.

"Karena kantor gue deket bank, jadi biasanya sekalian tuh orang tua nitip bayar kuliah lewat gue. Biasanya pas break jam istirahat langsung ke bank bayar lewat teller. Tapi semenjak WFH, akhirnya kemarin bayar lewat BNI Mobile Banking," ujarnya, Kamis (2/4/2020).

Yuli juga mengaku baru mengetahui kalau pembayaran bisa dilakukan lewat BNI Mobile Banking melalui virtual account. Dengan begitu, urusan pembayaran kuliah sang adik tidak mengalami masalah walaupun di tengah anjuran pemerintah untuk tetap di rumah.

"Gue juga baru tahu kalau ternyata bisa bayar lewat BNI Mobile Banking. Pas kemarin udah mulai ada anjuran physical distancing, dari pihak kampus udah mulai diimbau buat urus semua pembayaran kampus online aja," jelasnya.

Menurut Yuli, untuk urusan pembayaran melalui BNI virtual account sangatlah mudah. Bahkan, ia ingin seterusnya membayar kuliah sang adik melalui BNI Mobile Banking.

"Bayarnya gampang dan prosesnya nggak lama, kaya bayar tagihan online pake virtual account biasa aja. Kalau buat proses dapetin virtual account itu adek gue yang login ke website kampus terus generate virtual account. Buat ke depannya, gue bakal bayar lewat BNI Mobile Banking sih, secara lebih cepat dan nggak usah ke bank," ungkapnya.

Pembayaran uang kuliah melalui BNI virtual account memang sangat memudahkan. Tak heran jika banyak pengguna yang beralih menggunakan layanan BNI Mobile Banking. Hal ini bisa dilihat dari grafik tahunan, jumlah pengguna BNI Mobile Banking semakin meningkat setiap tahunnya. Hingga 2019, pengguna BNI Mobile Banking mencapai 4,88 juta. Angka ini tumbuh 68,6% secara tahunan. #transaksidarirumah #bnimobilebanking #BNIItuDigital

(akn/ega)