Round-Up

Beda Lockdown dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar Versi Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 08:15 WIB
Presiden Jokowi di Pulau Galang
Presiden Jokowi (Foto: Andhika/detikcom)
Jakarta -

Lockdown dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mempunyai makna yang sangat berbeda di mata Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kota yang menerapkan lockdown digambarkan Jokowi seperti kota yang sama sekali tidak ada aktivitas, sedangkan dalam situasi PSBB aktivitas ekonomi masih berjalan.

Penjelasan Jokowi mengenai lockdown dan pembatasan sosial berskala besar itu disampaikan seusai meninjau kesiapan fasilitas kesehatan darurat yang dibangun di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (1/4/2020). Jokowi mulanya ditanya wartawan mengenai upaya untuk menyeragamkan langkah kepala daerah agar tidak mengeluarkan kebijakan di luar koordinasi pemerintah pusat.

Jokowi lantas menegaskan setiap kerja pemerintah harus sesuai dengan konstitusi dan aturan perundang-undangan yang berlaku. Dia juga menginginkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah satu visi.

"Jangan membuat acara sendiri-sendiri sehingga tidak... entah di dalam pemerintahan, tidak berada pada satu garis visi yang sama, karena ini... yang paling penting menurut saya bagaimana kerja sama antara pemerintah pusat sampai pemerintah daerah yang paling bawah, dari yang paling atas presiden sampai nanti di kepala desa," kata Jokowi.

Jokowi Beberkan Pengertian Lockdown:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3