Round-Up

Heboh Puluhan TKA dari China di Kendari Diluruskan Yasonna Laoly

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 22:14 WIB
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menghadiri rapat kerja perdana Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).
Menkum HAM Yasonna Laoly (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly meluruskan soal kedatangan 49 TKA China ke Kendari, Sulawesi Tenggara. Yasonna memastikan kedatangan para TKA itu tidak melanggar undang-undang.

Dirangkum detikcom, Rabu (1/4/2020), kehebohan soal TKA China ini berawal dari video yang viral di media sosial. Total 49 TKA China itu tiba di Bandara Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara. Kapolda Sultra Brigjen Merdisyam pada Minggu (15/3) membenarkan kedatangan WNA tersebut. Merdisyam menyebut mereka merupakan tenaga kerja asing dari perusahaan tambang.

Namun apa yang disampaikan Kapolda Sultra berbeda dengan pihak Imigrasi. Rombongan TKA China yang diviralkan positif virus Corona ternyata masuk Indonesia dari Thailand, tak seperti yang dijelaskan polisi. Mereka awalnya terbang dari China ke Thailand, dikarantina, lalu terbang ke Jakarta.

Sebanyak 49 TKA China itu berasal dari wilayah Henan. Pada 29 Februari, mereka tiba di Thailand. Mereka dikarantina di Negeri Gajah Putih hingga 15 Maret 2020, lalu mendapat sertifikat sehat.

Berikut ini penjelasan Yasonna Laoly:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3