Ombudsman Minta Pemerintah Percepat Pemenuhan Relawan Corona

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 18:56 WIB
Alamsyah Saragih
Foto Alamsyah Saragih: Ari Saputra
Jakarta -

Ombudsman RI memberikan sejumlah saran terkait upaya pemerintah yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam penanganan COVID-19. Dari segi pelayanan kesehatan, Ombudsman meminta agar pemerintah mempercepat pemenuhan relawan Corona.

"Pemerintah, melalui Menteri Kesehatan, mempercepat pemenuhan kebutuhan tenaga sukarela untuk mengatasi kebutuhan pergiliran tenaga kesehatan yang telah bekerja mencapai batas waktu di rumah sakit," kata anggota Ombudsman Alamsyah Saragih, melalui tayangan YouTube Ombudsman RI, Rabu (1/4/2020).

Selain itu Ombudsman meminta agar Menteri Kesehatan segera menerbitkan dan mempublikasikan penetapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk daerah-daerah yang memerlukan perlakuan segera, sebagaimana diatur dalam Pasal 49 ayat (3) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan.

Ombudsman juga meminta Menteri Perindustrian untuk memastikan ketersediaan, perkembangan produksi dan pendistribusian alat kesehatan kepada pemerintah daerah dan masyarakat luas. Ombudsman juga menyoroti pelayanan rumah sakit yang menangani Corona.

Diketahui, beberapa rumah sakit mengalami lonjakan pasien dan mengalami kelebihan kapasitas sebagaimana juga dialami negara lain. Dari hasil pemantauan Ombudsman, kecepatan RS dalam menangani pasien terjangkit Corona masih jauh dari kemampuannya.

"Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia, kecepatan rumah sakit dan Pemerintah Daerah di lapangan ditemukan kondisi bahwa situasi tersebut masih jauh dari kemampuan untuk mengejar perkembangan penularan yang semakin meluas," kata Alamsyah.

Alamsyah menyebut diperlukan kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang mampu mengurangi laju jumlah pasien terpapar COVID-19. Selain itu pemerintah juga perlu mempercepat penyediaan fasilitas rumah sakit untuk melayani pasien yang terjangkit Corona.

Ombudsman juga meminta agar pemerintah menunjuk instansi teknis untuk mempercepat pelaksanaan pengendalian sosial melalui digital surveillance untuk keperluan tracing, tracking dan fencing. Ombudsman meminta agar Kominfo gencar mensosialisasikan memanfaatkan aplikasi pendukung tracing dalam upaya memutus rantai penularan Corona.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3