Jokowi: RS Khusus Corona Pulau Galang Beroperasi Paling Telat Senin

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 13:25 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)
Batam -

Presiden Joko Widodo mengunjungi RS untuk penyakit menular di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Jokowi memastikan RS yang akan merawat pasien Corona ini akan beroperasi pada Senin, 6 April 2020.

"Maksimal Senin sudah bisa dioperasikan," ujar Jokowi di Pulau Galang, Kepulauan Riau, Rabu (1/4/2020).

Jokowi mengatakan, sebelumnya, pengoperasian RS Corona ini agak molor dari waktu yang ditentukan. Hal itu disebabkan terhambatnya distribusi material yang masuk karena kendala cuaca.

"Memang ada keterlambatan kemarin 3-4 hari karena ada transportasi untuk bahan material yang terkendala karena cuaca," ujar Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, nantinya rumah sakit khusus penyakit menular ini akan memiliki kapasitas tampung sebanyak 1.000 tempat tidur. Sebanyak 340 tempat tidur akan diselesaikan di tahap pertama. Sedangkan 640 lainnya akan diselesaikan dalam tahap kedua.

"Pada Tahap I akan dibangun 2 gedung bertingkat 2 untuk menampung 340 tempat tidur yang diprioritaskan untuk diselesaikan terlebih dahulu sebanyak 240 tempat tidur untuk orang dalam pengawasan (ODP) dan 100 tempat tidur untuk pasien dalam pengawasan (PDP)," tulis keterangan di situs Setkab.

"Adapun 340 tempat tidur tersebut merupakan fasilitas observasi non ICU, sedangkan 20 tempat tidur lainnya merupakan fasilitas ICU," sambungnya.

Kasus Positif Corona Meningkat, Pemerintah Akan Selektif Soal RS:

(zlf/fjp)