Komisi III DPR Minta Ketua MA Baru Bisa Kerja Sama dengan KY

Andi Saputra - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 12:07 WIB
Arsul Sani
Arsul Sani (Foto: Mochamad Zhacky Kusumo/detikcom)
Jakarta -

Mahkamah Agung (MA) akan melakukan pemilihan ketua yang baru untuk menggantikan Hatta Ali yang akan pensiun pekan depan. Komisi III DPR pun meminta Ketua MA yang baru nantinya bisa bekerja sama dengan Komisi Yudisial (KY).

"Siapa pun yang nanti dipilih baik secara aklamasi maupun dengan suara terbanyak oleh para hakim agung untuk menjadi Ketua MA berikutnya, maka DPR tentu menghormati sepenuhnya pilihan para Yang Mulia hakim agung tersebut," kata anggota Komisi III DPR Arsul Sani kepada detikcom, Rabu (1/4/2020).

Menurut Arsul, Ketua MA Hatta Ali telah meraih capaian dengan parameter kuantitatif saja. Seperti pengikisan tunggakan perkara, kecepatan penyelesaian perkara dari peradilan tingkat pertama sampai dengan tingkat terakhir (MA), upload putusan-putusan ke dalam sistem informasi perkara, standarisasi dan kecepatan pelayanan peradilan.

Nah, pengganti Hatta Ali nantinya diharapkan bisa meraih capaian kualitatif.

"Namun juga diharapkan memberi perhatian yang lebih dan meningkatkan parameter kualitatif lembaga peradilan. Ini misalnya menyangkut kualitas putusan hakim terutama pertimbangan hukumnya," ujar Wakil Ketua MPR itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2