RS Persahabatan Rawat 55 Pasien Terkait Corona, 11 Positif-44 PDP

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 18:52 WIB
Konferensi pers RSUP Persahabatan (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Konferensi Pers RSUP Persahabatan (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

RSUP Persahabatan kembali memperbarui jumlah pasien virus Corona (COVID-19) yang dirawat. Per Senin (30/3/2020), pukul 08.00 WIB, total ada 55 pasien terkait Corona.

Dari data yang diterima detikcom, Selasa (31/3), RS Persahabatan merawat 55 pasien dengan rincian 11 pasien positif Corona dan 44 kasus pasien dalam pengawasan (PDP). Semua pasien tersebut dirawat di ruang isolasi.

"Semua (di ruang) isolasi. Cuma rinciannya saya belum megang. Tapi semua isolasi," kata Dirut RS Persahabatan Rita Rogayah saat dihubungi detikcom, Selasa (31/3).

RS Persahabatan juga mengumumkan dua pasien meninggal pada Minggu (29/3) lalu. Dua pasien itu berstatus PDP dengan rincian perempuan 35 tahun dan laki-laki 67 tahun.

"Kami belum dapat hasil swab-nya (dua pasien yang meninggal). Jadi PDP," ungkap Rita.

Rita mengatakan sampai saat ini pasien virus Corona terus berdatangan ke RS Persahabatan. Pihaknya tengah mempersiapkan penambahan kapasitas ruang isolasi melihat kenaikan jumlah pasien COVID-19.

"Kita pasti kalau ditanya mencukupi pasiennya datang terus. Berarti selalu tempat harus kita siapkan. Untuk ke depan, kita pasti akan tambah lagi," ujar Rita.

Untuk saat ini, ruang isolasi sudah dinyatakan penuh. Namun Rita mengatakan masih ada ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) sebagai penampungan pertama.

"Nggak, itu udah penuh (55 pasien). Tapi itu kan ada di IGD juga, nanti di IGD penampungan pertama IGD," jelas Rita.

Sementara itu, kebutuhan alat pelindung diri (APD) di RS Persahabatan masih tercukupi. Rita mengaku sejauh ini tidak ada masalah kekurangan alat kesehatan, terutama APD.

"Saat ini sih APD nggak masalah. Persahabatan nggak ada masalah untuk saat ini," terang Rita.

(zlf/zlf)