Detik-detik Pembunuhan Hakim Jamaluddin Diungkap di Sidang Dakwaan

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 17:27 WIB
Zuraida Hanum saat rekonstruksi pembunuhan hakim Jamaluddin (Datuk Haris Molana/detikcom)
Foto: Zuraida Hanum saat rekonstruksi pembunuhan hakim Jamaluddin (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Kronologi pembunuhan itu dibeberkan dalam berkas dakwaan Zuraida Hanum yang merupakan istri Jamaluddin.

Sidang secara online ini digelar di Ruang Cakra 2, PN Medan, Selasa (31/3/2020). Majelis hakim yang diketuai oleh Erintuah Damanik memimpin jalannya persidangan di ruang tersebut. JPU dari Kejari Medan dan para penasihat hukum terdakwa juga hadir di ruangan.

Namun, ketiga terdakwa Zuraida Hanum, Jefri Pratama dan Reza Fahlevi tetap berada di rutan. Ketiganya menyimak pembacaan surat dakwaan dari video conference.
Eksekusi terhadap Jamaluddin itu dimulai pada Kamis (28/11/2019). Saat itu, Zuraida menjemput Reza dan Jefri yang merupakan eksekutor dalam kasus ini.

"Sekitar pukul 18.45, terdakwa keluar dari rumahnya dengan mengendarai mobil Camry warna hitam nopol BK 78 ZH untuk menjemput saksi M Jefri Pratama dan saksi M Reza Fahlevi, lalu sekitar pukul 18.55 WIB terdakwa tiba di Graha Johor No 10 Kecamatan Medan Johor dekat Pajak Johor, yang kemudian M Jefri Pratama dan saksi M Reza Fahlevi langsung masuk ke dalam mobil yang terdakwa kendarai menuju rumah terdakwa di perumahan Royal Monaco," tutur jaksa.
Detik-detik Pembunuhan Hakim Jamaluddin Diungkap di Sidang DakwaanSidang kasus pembunuhan hakim Jamaluddin digelar lewat video conference (Datuk Haris/detikcom)


Dalam perjalanan, Reza dan Jefri menggunakan masker, sarung tangan dan jaket yang lebih dulu dibeli menggunakan uang Rp 2 juta dari Zuraida. Ketiganya kemudian tiba dan menunggu waktu untuk eksekusi Jamaluddin.
Berikut detik-detik pembunuhan itu:

28 November 2019

Pukul 19.10 WIB
Zuraida, Jefri dan Reza tiba di rumah Jamaluddin. Jefri dan Reza dimita menunggu di lantai 3 hingga ada perintah dari Zuraida untuk menghabisi nyawa Jamaluddin

Pukul 20.00 WIB
Zuraida mengirim chat WA ke Jamaluddin menanyakan jam berapa pulang. Jamaluddin membalas kalau dirinya sudah ada di rumah selama jam di ruang tamu

Pukul 20.30 WIB
Zuraida naik ke lantai 3 dan menyampaikan ke Jefri-Reza kalau Jamaluddin sudah di rumah

Pukul 21.00 WIB
Adik Zuraida, Roli Irwanda tiba di rumah untuk menginap

Selanjutnya
Halaman
1 2