Pernyataan Lengkap Jokowi Tetapkan Status Darurat Kesehatan karena Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 15:59 WIB
Presiden Jokowi menggelar konferensi pers di Istana Bogor mengenai penanganan virus corona Covid-19.
Presiden Jokowi (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan kebijakan pemerintah pusat untuk menghadapi virus Corona terbaru (COVID-19), yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar. Untuk itu, Jokowi meminta semua pemerintah daerah tidak mengambil kebijakan sendiri.

"Untuk mengatasi dampak wabah tersebut, saya telah memutuskan dalam rapat kabinet bahwa opsi yang kita pilih adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB," kata Jokowi dalam siaran langsung dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (31/3/2020).

PSBB itu, disebut Jokowi, secara resmi dan sesuai dengan undang-undang akan ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Selain itu, Jokowi meminta Polri dapat bertindak tegas dalam hal penegakan hukum untuk mendukung PSBB itu.

"Pemerintah juga sudah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dan Keppres Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat untuk melaksanakan amanat undang-undang tersebut," kata Jokowi.

"Dengan terbitnya PP ini semuanya jelas. Para kepala daerah saya minta tidak membuat kebijakan sendiri-sendiri yang tidak terkoordinasi, semua kebijakan di daerah harus sesuai dengan peraturan, berada dalam koordinator undang-undang, dan PP serta Keppres tersebut," imbuhnya.

Berikut ini pernyataan lengkap Jokowi:

Selanjutnya
Halaman
1 2