44 Jemaah Umroh RI di Saudi sudah Terdaftar, Tunggu Proses Pemulangan

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 15:20 WIB
Wabah virus Corona juga meneror kawasan Masjidil Haram. Kakbah sempat dikosongkan pada Kamis (5/3) waktu setempat usai Salat Ashar untuk disterilkan antisipasi penyebaran virus tersebut.
Kakbah (Foto: dok. Haramain Info)
Jakarta -

Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Endang Jumali, mengatakan 44 jemaah umroh Indonesia yang masih berada di Arab Saudi sudah terdaftar. Saat ini para jemaah berada di hotel dan menunggu kesiapan pesawat Saudi Airlines untuk pulang ke Tanah Air.

"Semua jemaah umrah yang terdampak kebijakan lockdown Saudi sudah terdaftar dalam sistem. Mereka tinggal menunggu jadwal pemulangan," kata Endang Jumali lewat keterangan tertulis yang diterima, Selasa (31/3/2020).

Endang mengatakan 44 jemaah yang terdaftar semuanya teridentifikasi menggunakan visa umrah. Pihak KJRI terus berkomunikasi dengan pihak Saudi Airlines. Dari komunikasi tersebut, diperoleh informasi bahwa jemaah yang akan dipulangkan berdasarkan data yang sudah terdaftar dan dilaporkan oleh KBRI di Riyadh.

"Jemaah saat ini menginap di hotel yang disiapkan oleh penyelenggara umrah yang memberangkatkan mereka. Secara umum kondisinya baik meski mereka berharap bisa segera pulang," ujar Endang.

Pekan lalu, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sudah menyampaikan kesiapannya untuk memfasilitasi kepulangan jemaah umroh pasca penutupan penerbangan internasional. Namun, fasilitas itu hanya diberikan bagi jemaah umroh yang masuk Arab Saudi pada periode umroh 1441 Hijriah.

Bersamaan itu, jemaah umroh diminta segera lapor melalui situs https://eservices.haj.gov.sa, sampai 28 Maret 2020. Kerajaan Arab Saudi akan menyediakan pesawat penerbangan ke Indonesia dan pembebasan denda keimigrasian untuk jemaah yang telah melakukan registrasi.

(jbr/jbr)