Mengenang Bob Hasan: Pengusaha Sahabat Karib Soeharto

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 14:29 WIB
Bob Hasan, Pangeran Bernard dari Belanda, dan Presiden Soeharto bermain golf, 1970
Foto: Bob Hasan, Pangeran Bernard dari Belanda, dan Presiden Soeharto bermain golf, 1970 (Repro Buku Mengapa Saya Sehat)
Jakarta -

Indonesia kembali kehilangan putra terbaiknya. Pengusaha Bob Hasan hari ini meninggal dunia. Semasa hidupnya, pengusaha yang sangat peduli dengan dunia olahraga ini dikenal sebagai sahabat karib Presiden kedua RI, Soeharto.

Bob Hasan dilahirkan pada di Semarang pada 24 Februari 1931. Dikutip dari laman perpusnas.go.id, Bob Hasan adalah keturunan Tionghoa yang memiliki nama lain "The Kian Seng".

Bob memang awalnya dikenal sebagai pengusaha, namun dia juga pernah masuk di kabinet pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Yakni sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan di masa Kabinet Pembangunan VII (1998).


Bob merupakan anak angkat mantan Wakil KSAD Jenderal Gatot Subroto yang kemudian dikenal sebagai pengusaha. Maka tak heran apabila Bob Hasan dan Soeharto menjadi kawan karib.

Bukan sekadar kawan karib, orang yang sangat didengar nasihatnya. Bob adalah orang yang bisa membuat Soeharto berhenti dari kebiasaan merokoknya. Cerita Bob ini disampaikan langsung olehnya ketika berbincang dengan detikcom di Lapangan Madya, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta pada Jumat (9/6/2018).


Bob tahu betul merokok dapat merusak kesehatan jantung. Ia pernah merokok tingwe (melinting dewe/ melinting sendiri) ketika masih di kampung. Setahun melakukan kebiasaan itu nafasnya menjadi berat dan degup jantungnya mulai terganggu.

Ia pun bicara dengan Soeharto kalau rokok benar-benar berakibat buruk. Saran ini diterima, dan Soeharto kemudian mengubah kebiasaannya dengan cuma mencium aroma cerutu tanpa menyulutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3