Surat Darurat Daerah COVID-19 Terbit, Desa Diingatkan Harus Siap

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 09:32 WIB
Marwan Jafar
Foto: Anggota DPR Komisi VI Marwan Jafar (Ari Saputra)
Jakarta -

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan Surat Edaran (SE) Tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Daerah. Anggota Komisi VI DPR Marwan Jafar minta pemerintah memastikan kesiapan hingga ke tingkat desa.

"Kita berharap seluruh Pemda (pemerintah daerah) hingga Pemerintah Desa menyiapkan langkah-langkah strategis melalui koordinasi dengan Pemerintah/Kementerian dan lakukan kajian mendalam dengan BDPB dan Dinkes serta kesiapan teknis di lapangan manakala Daerah tersebut dinyatakan tanggap darurat Covid-19", kata Marwan Jafar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/3/2020).


Legislator dari Fraksi PKB itu juga menegaskan, jika terjadi penetapan Darurat Covid-19 di Daerah, maka episentrum penyebaran virus Corona itu bergeser ke desa. Oleh karena itu, perlu kesiap-siagaan darurat Covid-19 dari tingkat Desa hinga RT/RW.

"Kesiapan Tim Covid-19 di desa-desa menjadi kata kunci. Tim Gabungan dari berbagai unsur, baik Pemerintah Desa, BPD, BDPB, Dinkes, Babinkamtibmas, Babinsa dan unsur terkait di desa harus siap hingga RT/RW," ujarnya.


Pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) ini menjelaskan, saat ini perlu dipastikan adanya koordinasi intensif dengan semua pihak hingga tingkat Desa, sekaligus kesiapan anggaran Daerah.

"Dukungan anggaran daerah terkait tanggap darurat Covid-19 juga mutlak diperlukan. Bahkan Dana Desa juga dapat digunakan untuk itu", jelas Marwan.

Selanjutnya
Halaman
1 2