Jokowi Minta Mobilitas Antarnegara Dikendalikan, Terutama dari Malaysia

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 10:26 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) penanganan arus masuk warga negara Indonesia (WNI) dan pembatasan perlintasan warga negara asing (WNA). Jokowi mengatakan keharusan untuk mengendalikan mobilitas antarnegara.

"Prioritas kita saat ini bukan hanya mengendalikan arus mobilitas orang antarwilayah di dalam negeri, arus mudik yang kemarin sudah kita bicarakan, tapi juga harus bisa mengendalikan mobilitas antarnegara," kata Jokowi dalam ratas yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (31/3/2020).

Jokowi mengatakan mobilitas antarnegara berisiko membawa imported cases virus Corona (COVID-19). "Yang berisiko membawa imported cases," ucap Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta arus kembalinya WNI dari beberapa negara diawasi. Terutama, imbuhnya, WNI yang pulang dari Malaysia.

"Pertama, arus kembalinya WNI dari beberapa negara, ini terutama yang dari Malaysia, ini betul-betul perlu kita cermati karena ini menyangkut bisa ratusan ribu, bisa jutaan WNI yang akan pulang," jelas Jokowi.

(aud/fjp)