Round-Up

Heboh Spanduk Tolak Jenazah Korban Corona di Medan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 21:51 WIB
Screenshot viral spanduk tolak jenazah Corona di Medan
Screenshot viral spanduk tolak jenazah Corona di Medan.
Jakarta -

Spanduk yang berisikan penolakan terhadap jenazah pasien positif terinfeksi virus Corona (COVID-19) beredar di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Gugus Tugas COVID-19 Sumatera Utara pun dibuat kesal oleh adanya spanduk itu hingga polisi turun tangan agar warga mau menurunkan spanduk tersebut.

Pihak Kecamatan Medan Tuntungan memberi penjelasan. Kecamatan mengatakan spanduk itu beredar di beberapa lokasi.

"Iya. Jadi semalam sudah. Memang ada spanduk dinaikkan oleh beberapa orang dan sudah kita tindaklanjuti semalam dengan segera rapat tingkat Forkopimcam ya. Dari Danramil dan pihak Polsek," kata Camat Medan Tuntungan, Topan Ginting, Senin (30/3/2020).

Foto-foto spanduk itu pun beredar di media sosial. Dalam spanduk itu tertulis, 'Kami warga Kelurahan Simalingkar B menolak keras korban COVID-19 yang meninggal dimakamkan di pemakaman Pemda Simalingkar B Kecamatan Medan Tuntungan'.

Pantauan detikcom di Kelurahan Simalingkar B, pukul 11.00 WIB, Senin (30/3/2020), terlihat spanduk penolakan itu salah satunya dipasang di gapura masuk Kelurahan Simalingkar B.

Spanduk yang sama terlihat di persimpangan menuju Taman Pemakaman Umum (TPU) Kristen Simalingkar B. Spanduk digantung di simpang jalan tersebut.

Topan mengatakan spanduk itu beredar di beberapa lokasi. Menurut dia, pihak kecamatan bakal melakukan sosialisasi kepada warga soal adanya prosedur khusus untuk pemakaman jenazah orang yang positif Corona.

"Kita berikan pemahaman-pemahaman kepada masyarakat bahwa hal itu sudah dikemas sedemikian rupa di rumah sakit, bahwa tidak berbahaya lagi. Nanti kita berikan pemahaman, dan ini sudah kita laporkan kepada pihak Gugus Tugas COVID-19 Kota Medan dan nanti akan disosialisasi kepada warga," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2