36 Orang di Makassar Positif Corona, Pemkot Perketat Akses ke Pulau

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 19:26 WIB
Hand of scientist is holding a test-tube with positive blood test on CORONAVIRUS
Foto: Getty Images/iStockphoto/andriano_cz
Makassar -

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memperketat akses masuk dan keluar pulau-pulau di wilayahnya. Hal ini untuk meningkatkan physical distancing di tengah 36 warga Makassar dinyatakan positif Corona (COVID-19).

"Pemerintah Kota Makassar menerapkan aturan ketat untuk akses masuk ataupun keluar dari seluruh pulau yang ada di Wilayah Kota Makassar. Hal ini dilakukan untuk mengurangi mobilitas orang, menciptakan physical distancing di seluruh wilayah Kota Makassar," ujar Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb dalam keterangan tertulis, Senin (30/3/2020).

Kebijakan ini juga dilaporkan Iqbal ke Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Pembatasan akses menuju pulau-pulau yang ada di Makassar untuk menekan penyebaran virus Corona di Makassar.

"Pengurangan mobilitas orang ke pulau, baik yang akan masuk maupun yang akan keluar. Kita berlakukan pembatasan yang ketat, kecuali untuk distribusi logistik," ujarnya.

Keputusan Iqbal ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 443.01/123/S.Edar/Dishub/III/2020 tentang antisipasi dan pencegahan penyebaran COVID-19 di kepulauan dalam wilayah Kota Makassar.

"Kita menyediakan alat thermal gun untuk mendeteksi dan memantau suhu tubuh masyarakat yang keluar masuk pulau serta melakukan pembatasan dan penjadwalan akses keluar masuk angkutan kapal tradisional yang melayani penumpang dari dan ke pulau-pulau," jelas Iqbal.

"Selain itu, juga memberlakukan pengaturan angkutan distribusi barang logistik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di pulau," lanjutnya.

Seperti diketahui, Makassar memiliki 12 pulau, 10 di antaranya merupakan pulau berpenghuni, seperti Lae lae, Samalona, Kodingareng Lompo, Barrang Lompo, Barrang Caddi, Bonetambung, Lumu Lumu, Langkai dan Lanjukang, pulau-pulau tersebut bagian dari Kepulauan Spermonde.

Selanjutnya
Halaman
1 2