Pemerintah Pertimbangkan Rekomendasi Penanganan Corona dari Tim FKM UI

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 18:34 WIB
Gedung Bappenas
Ilustrasi Gedung Bappenas (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Agar prediksi 2,5 juta orang Indonesia terjangkit Corona tak menjadi nyata, Tim Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menyodorkan rekomendasi penanganan pandemi virus Corona ke pemerintah. Pemerintah memastikan rekomendasi itu dipertimbangkan untuk diterapkan.

"Bappenas mendapat usulan tersebut sebagai bahan masukan dari sisi epidemiologi," kata Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Pungkas Bahjuri Ali, kepada wartawan, Senin (30/3/2020).

Usulan yang dimaksudkan adalah draf 'COVID-19 Modelling Scenarios, Indonesia' dari Tim FKM UI, yang terdiri atas Iwan Ariawan, Pandu Riono, Muhammad N Farid, dan Hafizah Jusril. Draf tersebut bertanggal 27 Maret 2020. Ada sejumlah rekomendasi dalam draf buah pikiran para pakar epidemiologi itu. Pemerintah memandangnya sebagai opsi atau pilihan.

"Tentu berbagai opsi tersebut akan menjadi pertimbangan dengan juga mempertimbangkan aspek-aspek lain, seperti ekonomi, ketenagakerjaan, pangan, dan lain sebagainya. Apa pun opsinya, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat menjadi pertimbangan utama," kata Pungkas.

Tim FKM UI membuat prediksi, bila intervensi pemerintah terhadap pandemi COVID-19 ini lemah, akan makin banyak orang yang terjangkit virus SARS-CoV-2 itu. Bila kondisi ini dibiarkan tanpa intervensi, nyaris 2,5 juta orang bakal terjangkit COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Kapasitas rumah sakit bisa jebol bila terlalu banyak orang yang butuh perawatan khusus COVID-19. Untuk menghindari kondisi itu, pemerintah direkomendasikan tak hanya mengimbau soal social distancing, tak pula hanya mengharuskan soal social distancing, namun mewajibkan social distancing. Intervensi lainnya juga wajib ditingkatkan.

Berikut ini Rekomendasi Kebijakan Tim FKM UI:

Selanjutnya
Halaman
1 2