Pandemi Corona, DPR Tak Hadiri Forum Internasional-Setop Kunker Spesifik

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 15:01 WIB
Suasana rapat paripurna DPR 30 Maret 2020 di tengah wabah Corona (Dok. Melki Laka Lena)
Suasana rapat paripurna DPR 30 Maret 2020 di tengah wabah Corona. (Dok. Melki Laka Lena)
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan tak akan mengirimkan delegasi untuk menghadiri pertemuan sidang organisasi parlemen regional dan internasional. Hal itu mempertimbangkan makin masifnya tingkat penyebaran virus Corona.

Hal itu diungkapkan Puan saat menyampaikan pidato pembukaan masa sidang di kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/3/2020).

"Dengan mempertimbangkan tingkat penyebaran dan risiko ancaman virus Corona yang sangat masif, perkenankan Pimpinan DPR untuk menyampaikan bahwa pada masa persidangan III ini kita tidak akan mengirim delegasi untuk menghadiri pertemuan dan sidang ataupun konferensi organisasi parlemen regional maupun internasional," kata Puan.

Puan juga menyampaikan bahwa DPR meniadakan kunjungan kerja (kunker). Dewan juga tak menggelar kegiatan seminar.

"Juga termasuk untuk meniadakan kegiatan kunker spesifik, kecuali urgen dan atas izin pimpinan DPR, meniadakan kegiatan seminar, FGD dan konsiyering, baik dalam ataupun luar kota," ujarnya.

Puan mengajak semua anggota DPR untuk menyikapi kondisi wabah Corona di Indonesia. Anggota DPR bersama-sama menyelamatkan Indonesia dari virus Corona.

"Pimpinan DPR mengajak seluruh yang terhormat Anggota DPR RI untuk menyikapi wabah virus Corona ini dengan kesatuan sikap yang sama, yaitu bergotong royong, kerja bersama, bersatu dalam tekad yang sama untuk menyelamatkan Indonesia dari virus Corona," imbuhnya.

Rapat Paripurna DPR Penuh Bangku Kosong Demi Social Distancing:

(rfs/gbr)