Soal Wacana Lockdown, MUI: Kalau Datangkan Kemaslahatan Kenapa Tidak

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 14:48 WIB
gedung MUI
Gedung MUI (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Amirsyah Tambunan, menilai lockdown bisa menjadi pilihan apabila mendatangkan kemaslahatan. Namun, keputusan lockdown harus dibarengi dengan persiapan matang.

"Jadi menurut saya lockdown itu kan sesungguhnya sesuatu yang mendatangkan kemaslahatan jika sudah dibarengi dengan berbagai persiapan, berbagai pertimbangan, berbagai perangkat. Tidak bisa tiba-tiba lockdown," kata Amirsyah ketika dihubungi, Senin (31/3/2020).

Lockdown menjadi pilihan melihat tingginya angka kasus pasien positif dan korban meninggal akibat virus Corona. Amirsyah ikut mendorong adanya lockdown sepanjang itu mendatangkan kemaslahatan.

"Kalau itu yang terbaik dan mendatangkan kemaslahatan dengan melihat tingginya angka yang terinfeksi, yang sudah meninggal, ya mengapa tidak," ujar Amirsyah.

Dalam rapat koordinasi MUI Pusat hari ini, Amirsyah mengatakan sudah menerima banyak saran dari MUI provinsi dan kabupaten/kota mengenai lockdown. Namun, dia menegaskan kalau lockdown harus mengikuti aturan dari pemerintah.

Mendagri Tito Angkat Bicara soal Lockdown dan Karantina Wilayah:

Selanjutnya
Halaman
1 2