Ini Protokol Pencegahan Corona di Tempat Umum hingga ke Kelompok Lansia

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 11:41 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan arahan terkait protokol pencegahan corona di berbagai tempat. Di antaranya protokol tempat umum hingga kelompok lansia.

Dilihat detikcom, Senin (30/3/2020), hal ini disampaikan Kemendagri dalam surat edaran terkait pembentukan gugus tugas percepatan penanganan virus Corona (COVID 19). Surat ini ditandatangani langsung oleh Mendagri Tito Karnavian.

Dalam lampiran surat, diberikan arahan protokol pencegahan Corona, untuk di tempat umum, acara resmi, kantor pemerintah, serta kelompok rentan (lanjut usia dan pelajar).



Berikut ini protokol yang diberikan oleh Kemendagri:

Protokol tempat umum

Protokol di tempat publik. Tempat publik yang dimaksud adalah: taman bermain, jalur hijau, perbelanjaan dalam ruang, ruang spontan dalam lingkungan hunian, ruang terbuka komunitas, mal, dan pasar. Langkah-langkah pencegahan COVID-19 pada tempat publik:

1. Pastikan seluruh area umum dalam keadaan bersih dengan cara melakukan pembersihan menggunakan disinfektan minimal 3 kali sehari, terutama pada waktu aktivitas padat (pagi, siang, dan sore hari) di setiap lokasi representatif (pegangan pintu, tombol lift, pegangan eskalator, dll).

2. Deteksi suhu tubuh di setiap titik pintu masuk tempat umum. Jika suhu tubuh masyarakat terdeteksi >38 derajat Celsius, dianjurkan untuk segera memeriksakan kondisi tubuh ke fasilitas pelayanan kesehatan dan tidak diperkenankan memasuki tempat umum.

3. Pastikan ruang isolasi tersedia di acara besar (contoh: konser, seminar, dll). Memastikan ada pos pemeriksaan kesehatan, ruang transit dan petugas kesehatan di setiap acara besar. Jika pada saat acara ada peserta yang sakit segera dilakukan pemeriksaan, jika kondisinya memburuk, pindahkan ke ruang transit dan segera rujuk ke RS rujukan.


4. Menyediakan pos kesehatan di pusat perbelanjaan dan pasar tradisional.

5. Mempromosikan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dengan cara memasang poster mengenai pentingnya cuci tangan dan tata cara cuci tangan yang benar.

6. Pastikan tempat umum memiliki akses untuk cuci tangan dengan sabun dan air atau pencuci tangan berbasis alkohol.

7. Tempatkan dispenser pembersih tangan di tempat-tempat strategis dan mudah dijangkau masyarakat di tempat umum serta dan pastikan dispenser ini diisi ulang secara teratur.

8. Memperbarui informasi tentang COVID-19 secara reguler dan menempatkan di area yang mudah dilihat oleh pengunjung. Menyediakan media komunikasi, informasi dan edukasi (KlE) mengenai pencegahan dan pengendalian COVID-19 di lokasi strategis di setiap tempat umum.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3