ADVERTISEMENT

Kasus Corona di Kaltim Jadi 17, Ada 12 Pasien Berasal dari Balikpapan

Yovanda - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 21:40 WIB
Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Timur Andi M Ishak
Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, Andi M Ishak (Suriyatman/detikcom)
Samarinda -

Jumlah pasien positif virus Corona (COVID-19) di Kalimantan Timur (Kaltim) bertambah enam orang sehingga menjadi 17 orang. Enam pasien tersebut berasal dari Kota Balikpapan.

"Jadi ada penambahan 6 orang, semuanya dari Balikpapan," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim Andi M Ishak, Sabtu (28/3/2020).

Saat ini, tercatat pasien Corona terbanyak berasal dari Kota Balikpapan. Andi merinci, pasien Corona berasal dari Balikpapan berjumlah 12 orang, 1 orang Samarinda, 1 orang Kutai Kartanegara, 2 orang Kutai Timur, dan 1 orang dari Bontang.

"Artinya peningkatan kasus semakin terlihat nyata. Maka kami menyampaikan pada masyarakat tingkatkan social distancing. Untuk menekan penularan virus," ujarnya.

Andi menyebut, salah satu pasien positif di Balikpapan itu adalah warga Banjarmasin yang memiliki riwayat perjalanan mengikuti Ijtima Ulama Dunia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berlangsung pada 19-22 Maret 2020.

Ketika pulang ke Kota Balikpapan, pasien tersebut mengalami keluhan demam dan batuk. Dia kemudian dirujuk ke RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan.

"Satu pasien yang memiliki riwayat perjalanan Ijtima Ulama jamaah tablig di Gowa, adalah warga Banjar. Acara tersebut tak jadi dilaksanakan, namun pertemuan banyak orang meemicu penyebaran virus," pungkasnya.

(jbr/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT