Habiburokhman: Penetapan Karantina Wilayah untuk Jakarta Tak Perlu Tunggu PP

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 14:54 WIB
Habiburokhman (Dok. Habiburokhman)
Habiburokhman (Foto: dok. Habiburokhman)
Jakarta -

Pemerintah saat ini tengah merumuskan peraturan pemerintah (PP) terkait pelaksanaan karantina wilayah guna mengurangi penyebaran virus Corona. Namun, menurut anggota DPR RI Dapil Jakarta Timur Habiburokhman, karantina wilayah atau lockdown di Jakarta tidak perlu menunggu terbitnya PP.

"Kami mendukung langkah Menko Polhukam yang segera menerbitkan peraturan pemerintah (PP) tentang lockdown atau karantina wilayah. Namun penetapan status karantina wilayah untuk Jakarta sudah bisa dilakukan tanpa perlu menunggu PP tersebut tersebut," kata Habiburokhman dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/3/2020).

"Alasannya, karena tidak satu pun pasal-pasal yang mengatur soal karantina rumah dan karantina wilayah dalam Bab VII UU Karantina Kesehatan (UU KK) yang mengamanatkan penerbitan PP," sambung dia.

Habiburokhman kemudian menjelaskan penerbitan PP ada di Bab IV, yang mengatur soal penetapan dan penanggulangan kesehatan masyarakat. Namun, lanjut Habiburokhman, WHO sebagai induk kesehatan dunia sudah menetapkan virus Corona sebagai pandemi, maka PP untuk melakukan karantina wilayah tidak diperlukan.

"Karena WHO sudah menetapkan Corona sebagai pandemi, situasi saat ini sudah dapat dikatakan sangat darurat," katanya.

Menag: Jangan Mudik Kalau Sayang Orang Tua di Kampung:

Selanjutnya
Halaman
1 2