Riset: Jus Jeruk Beserta Kulit Bisa Tingkatkan Imunitas untuk Lawan Corona

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 12:55 WIB
Chilled orange juice.
Ilustrasi jus jeruk (Ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Salah satu hasil penelitian terbaru di Indonesia menyebutkan mengkonsumsi jus jeruk beserta kulitnya disebutkan berpotensi meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan senyawa dalam jus tersebut disebut dapat menangkal virus Corona (COVID-19).

"Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid, yaitu salah satunya adalah hesperidin. Hesperidin ini disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus. Senyawa ini banyak ditemukan pada kulit buah jeruk," ujar guru besar IPB sekaligus Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara, dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (28/3/2020).

Riset ini dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University, serta Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University.

Menurut Prof Irmanida, rasa pahit pada kulit jeruk yang ikut dijus menunjukkan kandungan hesperidin. Namun, bagi yang tidak tahan pahit, bisa memasukkan potongan jeruk beserta kulitnya ke dalam air (infused water).

Bukan hanya jeruk buah, dia mengatakan segala jenis jeruk memiliki kandungan hesperidin.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi IPB Yatri Indah Kusumawati mengatakan riset tersebut dilakukan selama tiga bulan terakhir. Riset ini dibuat untuk menggali manfaat kulit jeruk.

Promosi Obat Saat Corona, Anggota MLM Dibubarkan Polisi:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2