Gubernur Sumbar Minta TKI Pulang dari Malaysia Via Pelabuhan Dumai Dikarantina

Jeka Kampai - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 14:59 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Padang -

Tenaga kerja Indonesia (TKI) mulai pulang dari Malaysia melalui pelabuhan laut Dumai, Riau, imbas Corona. Pemprov Sumatera Barat menginginkan para TKI itu dikarantina dulu sebelum dipulangkan ke daerah asal masing-masing.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan hal itu bertujuan memastikan mereka benar-benar terbebas dari COVID-19, sehingga tidak menyebabkan persoalan baru di daerah.

"Jangan sampai mereka masuk, nyebar ke Jawa, ke mana-mana, termasuk Sumbar," kata Irwan kepada wartawan di kantornya, Jumat (27/3/2020).

"Saya minta otoritas yang ada di Dumai, atau Kepri yang menjadi jalur mereka masuk, melakukan karantina seperti halnya kasus Wuhan. Masuk Indonesia dikarantina di Kepri. Kalau bisa begitu juga, sudah aman baru sebar ke daerah asal," tambah dia.

Sebelumnya dilaporkan, Pelabuhan Dumai akan menjadi lokasi kedatangan TKI yang pulang dari Malaysia. Para TKI itu kembali ke Tanah Air karena negeri jiran tersebut memberlakukan kebijakan 'lockdown' akibat pandemi COVID-19.

Sebanyak 21 TKI dari Malaysia sudah tiba di pelabuhan Dumai setelah transit di Tanjungbalai Karimun, Kepri. Para TKI ini dilaporkan berasal dari Riau, Sumatera Barat (Sumbar), Jambi, Sumut, dan Aceh.

"Kita kewalahan jadinya kalau mereka datang, karena kita tidak tahu sakit atau tidak. Prosedur tetap harusnya tetap begitu. Datang dari daerah terjangkit, karantina dulu. Prosedurnya itu sudah nasional. Jangan sampai lengah," harap Irwan.

Baznas DKI Serahkan Bilik Desinfektan ke Pemprov:

(idn/idn)