Cegah Wabah Corona, Warga Parepare Bangun Gerbang Disinfektan Otomatis

Hasrul Nawir - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 10:15 WIB
Gerbang disinfektan otomatis di Parepare, Sulawesi Selatan.
Gerbang Disinfektan Otomatis di Parepare, Sulawesi Selatan (Hasrul/detikcom)
Parepare -

Warga di kompleks Griya Bumi Harapan Permai (GBHP), Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, membangun gerbang disinfektan guna mencegah virus Corona (COVID-19). Gerbang di pintu keluar-masuk perumahan itu bisa menyemprotkan cairan disinfektan secara otomatis.

"Kami menamakannya gerbang disinfektan. Jadi semua warga ataupun kendaraan yang keluar atau masuk dalam areal perumahan harus disterilkan dengan melewati gerbang, lalu secara otomatis akan disemprot dengan cairan disinfektan," kata Ketua Kerukunan GBHP, Akmal Fattah, Jumat(27/3/2020).

Akmal berharap, dengan gerbang disinfektan itu, warga bisa terbebas dari Corona. "ini sebagai langkah kita mencegah penularan COVID-19, minimal melindungi warga dalam perumahan," sebutnya.

Teddy, perakit gerbang disinfektan, mengaku membuat gerbang tersebut terinspirasi dari tempat cuci mobil. Dia dibantu warga dalam membuat gerbang itu.

"Sebenarnya tidak susah, kalau lihat tempat cuci mobil seperti ini, kemarin terbersit di pikiran saya, jadi saya coba aplikasikan dengan sistem pencucian mobil," tuturnya.

Di gerbang itu, air akan keluar otomatis dari 8 spuyer. Untuk membuat satu gerbang disinfektan hanya dibutuhkan biaya sekitar Rp 3 juta yang dikumpulkan dari warga perumahan.

"Biayanya tidak banyak, di sini ada 8 spuyer biasa dijual di toko harga Rp 65 ribu sampai Rp 80 ribu, mesin yang dipakai juga mesin rumahan, tidak diperlukan peralatan yang mahal, cuma untuk memudahkan operasional kita pakai modul yang mana on-off-nya pakai sistem remote control," jelasnya.

Begini Dinamika Kasus Corona di Jatim, Surabaya Mulai Landai:

(idh/idh)