Kemenhub Rekomendasikan ke Jokowi Larangan Mudik Cegah Penularan Corona

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 09:24 WIB
Adita Irawati
Jubir Menhub Adita (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Juru Bicara Menteri Perhubungan (Menhub) Adita Irawati mengatakan pemerintah akan melarang mudik lebaran 2020 untuk mengurangi penyebaran virus Corona. Namun keputusan masih menunggu rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sebenarnya apa yang disampaikan Pak Dirjen (Perhubungan Darat) pada dasarnya sudah mencakup semua yang dibahas secara maraton dalam beberapa hari terakhir bersama Plt Menhub dan juga kemarin ada lembaga dari lintas kementerian," ujar Adita dalam jumpa pers virtual Kemenhub, Jumat (27/3/2020).

"Pada intinya pemerintah akan melarang mudik tetapi ini butuh persetujuan, butuh keputusan yang lebih tinggi nantinya di rapat terbatas," sambungnya.

Adita mengatakan ada banyak pertimbangan yang telah diambil Kemenhub atas larangan tersebut. Salah satunya adalah untuk menekan penyebaran virus Corona yang dapat menular begitu cepat.

"Mengapa dilarang mudik? tadi sudah disampaikan Pak Dirjen karena ini potensi untuk perluasan wabah ini memang luar biasa," katanya.

Adita mengatakan pelarangan ini akan diikuti oleh penegakan hukum yang jelas. Sehingga masyarakat bisa mematuhi aturan ini.

"Kalau kemudian kita tidak melakukan sesuatu dari pemerintah dan melakukan pelarangan dan tentunya juga diikuti dengan regulasi dan law enforcement-nya ini kita khawatirkan wabah COVID ini akan makin luas dan menambah zona merah di daerah tujuan mudik," jelasnya.

Lebih lanjut, Anita mengatakan Kemenhub akan mengajukan pelarangan mudik itu kepada Presiden. Teknis pelarangan tersebut akan dibahas pada rapat lanjutan.

"Oleh karena itu secara tegas memang kita akan merekomendasikan untuk melarang mudik. Tapi bagaimana nanti enforcement-nya memang akan dibahas dalam serangkaian rapat ke depan," ujarnya.

Kemenhub Imbau Masyarakat Tak Mudik Tahun Ini:

[Gambas:Video 20detik]



(lir/azr)