Round-Up

Menanti Kepastian Istana soal Mudik Gegara Corona Pandemik

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 08:45 WIB
Wapres KH Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta masyarakat menahan diri dengan tidak mudik menjelang lebaran nanti terkecuali dalam kondisi terpaksa. Dia mengingatkan soal potensi penyebaran atau penularan COVID-19.

"Pertimbangan rasionalnya, logisnya sebaiknya memang tidak mudik, melihat bahayanya yang sangat mungkin terjadi. Maslahatnya manfaatnya masih bisa kita lakukan dengan media dan bisa kita secara fisik bisa kita lakukan pada waktu yang lain," kata Ma'ruf dalam konferensi pers secara online, Kamis (26/3/2020).

Pemerintah akan membahas perizinan mudik dalam rapat kabinet terbatas mendatang. Pembahasan mudik ini ditunda karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah berduka atas kepergian ibundanya.

"Putusannya akan ditetapkan apakah pemerintah akan melarang imbauan dan itu akan kita tentukan nanti dalam rapat terbatas kabinet yang akan datang," katanya.

"Seharusnya hari ini memang dibicarakan tentang soal kebijakan soal mudik ini, dalam sidang kabinet terbatas. Tapi karena ibundanya bapak presiden wafat, maka ditunda," imbuh Ma'ruf.

Ma'ruf mengimbau masyarakat untuk tidak mudik karena ada potensi penularan Corona baik dalam perjalanan maupun saat tiba di kampung halaman.

"Tapi kalau saya pribadi sebaiknya memang masyarakat tidak mudik. Mudik itu yang penting gimana silaturahmi. Tetapi ada bahaya yang mungkin terjadi, baik di jalan maupun di kerumunan-kerumunan ketika berada di kampung halaman dan ada risiko penularan COVID-19," ujar dia.

Kemenhub Imbau Masyarakat Tak Mudik Tahun Ini:

Selanjutnya
Halaman
1 2