Diminta Sumbang Seluruh Gaji untuk Korban Corona, Ini Jawaban Pimpinan KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 19:14 WIB
Pimpinan KPK terpilih Nawawi Pomolango (Ibnu Hariyanto-detikcom)
Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menjawab usulan Indonesia Corruption Watch (ICW) soal seluruh gaji para pimpinan KPK didonasikan untuk korban virus Corona (COVID-19). Nawawi mengaku tetap menghormati pihak-pihak yang terus menyoroti kinerja KPK meski di tengah wabah virus Corona.

"Pertama, salut setingginya kepada beliau karena dalam situasi seperti ini (musibah wabah virus ini) beliau masih keukeuh menyoroti kinerja pimpinan KPK (bukan bicara soal pemberantasan korupsi). Hanya saja mungkin beliau tak terlalu menyimak saksama, di mana hal yang seharusnya diberi perhatian sehubungan dengan wabah ini," kata Nawawi kepada wartawan lewat pesan singkat, Kamis (26/3/2020).

Nawawi mengatakan yang dibutuhkan untuk penanganan wabah virus Corona saat ini bukan hanya tentang bantuan anggaran. Menurutnya, jika terkait anggaran, pemerintah Indonesia masih sangat siap.

"Kalau soal anggaran dalam penanganan virus COVID-19 ini, sebenarnya pemerintah masih sangat siap dan berkemampuan. Bahkan kementerian/lembaga juga sudah dipersilakan me-review anggarannya untuk penanganan wabah virus ini," ujar Nawawi.

Nawawi menuturkan ada berbagai aturan yang memudahkan pemerintah menangani wabah virus Corona ini. Salah satunya terkait pengadaan barang dan jasa dalam kondisi darurat sebagaimana Perpres Nomor 16 Tahun 2018 dan Peraturan LKPP Nomor 13 Tahun 2018.

Selanjutnya
Halaman
1 2