Pandemi Corona, Ma'ruf Minta Pemda Awasi Masyarakat yang Telanjur Mudik

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 15:27 WIB
Maruf Amin
Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengimbau masyarakat tidak mudik saat virus Corona (COVID-19) mewabah. Ma'ruf meminta pemerintah daerah (pemda) melakukan pengawasan ketat bagi masyarakat yang telah telanjur mudik.

"Sarannya tetap jangan mudik, sebab itu lebih baik. Saya imbau untuk nggak mudik. Yang sudah telanjur saya minta pemerintah untuk mengawasi itu, jangan sampai si pemudik menyebarkan Corona ke daerah. Haruslah tegas, pemda harus tegaslah," ujar Ma'ruf, Kamis (26/3/2020).

Ma'ruf mengatakan di Jawa Tengah (Jateng) pemeriksaan bagi pemudik telah dilakukan di perbatasan. Menurutnya, pemeriksaan juga perlu dilakukan kepada pemudik yang telah sampai di daerah tujuan masing-masing.

"Ini di beberapa daerah seperti Jateng itu kan sudah melakukan pengawasan yang ketat, karena itu saya juga minta daerah-daerah untuk melakukan hal yang sama untuk mencegah penyebaran itu. Bahkan menunggu di perbatasan daerah-daerah, untuk memeriksakan mereka yang mudik itu apakah dia bebas Corona apa tidak," kata Ma'ruf.

"Kalau yang mereka sudah kembali ke tempatnya masing-masing, mudik masing-masing itu juga supaya kembali ditelusuri. Apakah mereka sudah bebas Corona atau tidak untuk menghindari," sambungnya.

Ma'ruf menuturkan hal ini memang menjadi tugas tambahan bagi pemerintah daerah. Namun dia menyebut pemeriksaan ini perlu dilakukan agar penyebaran Corona tidak terus terjadi di berbagai daerah.

"Daerah-daerah memang ini ada kerjaan tambahan. Pemda-pemda ini juga punya tugas baru, meneliti mereka yang mudik jangan sampai membawa virus wabah Corona ke daerah masing-masing," tuturnya.

Kemenhub Imbau Masyarakat Tak Mudik Tahun Ini:

Selanjutnya
Halaman
1 2