Indonesia Bangsa Petarung! Ini Senjatanya untuk Lawan Corona

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 15:26 WIB
Indonesia belum lama ini laporkan kasus pertama 2 WNI positif virus corona. Sebagai langkah pencegahan, warga di Jakarta pun kenakan masker saat beraktivitas.
Foto ilustrasi: Warga Indonesia berjalan mengenakan masker saat darurat Corona. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Di tengah gempuran wabah virus Corona (COVID-19), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa Indonesia ialah bangsa petarung. Namun, untuk bertarung melawan virus Corona ini, tentu saja Indonesia harus mempersenjatai diri. Apa saja senjatanya?

Virus Corona telah menjadi pandemi global. Virus yang mulanya ada di Wuhan, China ini menyebar ke negara-negara Eropa hingga negara dataran Afrika. China, Italia, Amerika Serikat (AS), Malaysia hingga Afrika Selatan memberlakukan lockdown (karantina wilayah) untuk melawan penyebaran virus ini.

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia merupakan bangsa yang besar dan bangsa petarung. Jokowi pun yakin Indonesia bisa menghadapi tantangan virus Corona (COVID-19).

"Percayalah kita bangsa besar, kita bangsa petarung, bangsa pejuang. Insyaallah kita bisa, insyaallah kita mampu dalam menghadapi tantangan global yang berat sekarang ini," kata Jokowi dalam konferensi pers seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/3/2020).

Indonesia memang tidak memberlakukan lockdown untuk melawan virus Corona ini. Namun, sebagai bangsa petarung, pemerintah Indonesia mempersenjatai diri untuk melawan Corona melalui sejumlah kebijakan.

Indonesia Bangsa Petarung! Ini Senjatanya untuk Lawan CoronaPresiden Jokowi saat mengecek ketersediaan beras. (BPMI)

Berikut ini kebijakan-kebijakan pemerintah Indonesia yang dirangkum detikcom, Kamis (26/3) untuk melawan Corona:

Update Corona di RI: 893 Positif, 78 Meninggal, dan 35 Sembuh:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3