Pangdam Jaya: Kapasitas RS Darurat Wisma Atlet untuk 3.000 Pasien Corona

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 10:07 WIB
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) memakai kacamata pelindung untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/3/2020). Pemerintah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit darurat penanganan virus COVID-19 serta akan menjadi rumah isolasi bagi pasien yang rencannya akan digunakan pada hari ini, Sabtu (21/3/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.
Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Jakarta -

Rumah Sakit darurat Corona Wisma Atlet Kemayoran Jakarta bisa menampung hingga 3.000 pasien Corona. Ada 2 tower wisma atlet yang kini disiapkan untuk menampung pasien Corona.

Pangdam Jaya Eko Margiyono mengatakan, rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran hanya menangani pasien Corona yang bergejala ringan hingga maksimal sedang. Ada dua tower yang disiapkan yaitu tower 6 dan tower 7.

Kapasitas yang tersedia saat ini, dari 2 tower yang disiapkan menjadi RS. Tower 7 itu mampu menampung 1.700 orang. Sedangkan tower 6, 1.300, sehingga total 3.000 pasien mampu ditampung di RS ini," ungkap Eko saat memberikan keterangan di Kantor BNPB dan disiarkan langsung lewat Akun YouTube BNPB, Kamis (26/3/2020).

Bila ada skenario buruk di mana jumlah pasien melebihi kapasitas rumah sakit, Eko mengatakan, akan disiapkan tower tambahan.

"Kalau skenarionya bertambah buruk, maka bisa akan kita gunakan tower berikutnya yaitu tower 4 dan tower 5," tuturnya.

Eko juga menyampaikan hasil simulasi dari foruk komunikasi pimpinan daerah (Forkompimda) DKI Jakarta. Eko mengatakan skenario terburuk kasus positif Corona bisa mencapai 8.000 orang.

"Dari hasil simuasi forkompimda DKI karena daerah Jakarta paling banyak terpapar virus ini skenario terburuk adalah bisa mencapai 6.000 sampai 8000 orang positif," ujar dia.

Sederet Fakta soal Wisma Atlet yang Dijadikan RS Darurat Corona:

(zlf/zlf)