DPRD DKI Rapat Tanggal Pemiliihan Wagub DKI Hari Ini, Aman dari Corona?

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 10:02 WIB
Gedung DPRD DKI Jakarta
Gedung DPRD DKI (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

DPRD DKI Jakarta akan menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk menentukan tanggal pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta di tengah pandemi virus Corona hari ini. Ini penjelasannya.

"Besok (Kamis, hari ini--red) kami akan Bamus. Iya, besok penentuan (pemilihan wagub)," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarata dari F-PAN Zita Anjani pada Rabu 25 Maret 2020.

Zita mengatakan DPRD DKI menghadapi pilihan sulit karena adanya ancaman penularan COVID-19. Di sisi lain, menurut Zita, belum diketahui kapan pandemi Corona ini akan berakhir.

Menurut Zita, dengan ketidakpastian pandemi Corona ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membutuhkan sosok wakil gubernur. Karena itulah, menurutnya, anggota DPRD harus siap melaksanakan pemilihan wagub DKI di tengah pandemi Corona.

"Kita nggak tahu apa yang terjadi ke depan, bisa saja saya kena, Pak Ketua DPRD, atau Pak Gubernur. Siapa pun berisiko. Tapi warga Jakarta tidak boleh berisiko. Itu prinsip saya. Pemerintahan harus jalan. Pak Gubernur perlu wakil, terlebih lagi saat ini! Lebih dibutuhkan lagi," ujar Zita.

"Jadi kami bukan mau pesta, kondangan, atau gelar konser. Ini gelar pemilihan untuk wakil Pak Anies. Terlebih lagi, kami mengorbankan keselamatan demi tugas yang sudah diamanatkan dalam UU. Kalau tugas negara, harus siap," lanjut dia.

Zita mengatakan fraksinya akan kompak memilih untuk tidak menunda proses pemilihan wagub DKI. Menurutnya, proses pemilihan itu harus dilakukan secepatnya.

"PAN kompak insyaallah mendukung proses ini diadakan secepat-cepatnya. Kalau memang pada akhirnya harus memilih, buat apa tunda-tunda," tegasnya.

DPRD DKI Rapat Tanggal Pemiliihan Wagub DKI Hari Ini, Aman dari Corona?Foto: Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani. (Arief-detikcom)

Corona Merebak, DPRD DKI Pastikan Pemilihan Wagub Sesuai Jadwal:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3