ICW Usul Pimpinan KPK Donasikan Seluruh Gajinya untuk Korban Corona

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 09:50 WIB
Aktifis ICW Donal Fariz
Peneliti ICW Donal Fariz (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta para pimpinan KPK ikut terlibat dalam penanganan wabah virus Corona (COVID-19). ICW mengusulkan para pimpinan KPK mendonasikan seluruh penghasilannya untuk membantu penanganan wabah ini.

"Kami mengusulkan pimpinan KPK untuk terlibat dalam mendonasikan penghasilannya bagi korban terdampak wabah COVID-19. Jika sejumlah pihak lain berkomitmen memotong gajinya sebesar 30 persen atau 50 persen untuk berkontribusi, kami mengusulkan pimpinan KPK sebaiknya memberikan 100 persen gajinya," kata peneliti ICW, Donal Fariz, kepada wartawan, Kamis (26/3/2020).

Sebab, Donal menilai kinerja pimpinan KPK era Firli Bahuri dkk dalam 100 hari pertama tak memuaskan. Selain itu, Donal menyebut kini kepercayaan publik kepada KPK turun drastis akibat belum terlihat keseriusan dari KPK memberantas korupsi.

"Di sisi lain, kepercayaan kepada KPK menurun drastis. Kasus OTT juga tidak ada lagi. Keberadaan buron Harun Masiku dan Nurhadi juga tidak kunjung ditemukan," ujarnya.

Donal mengatakan gertakan dari Ketua KPK Firli Bahuri yang mengancam hukuman mati terhadap pihak yang melakukan korupsi dana bencana justru dicibir publik. Untuk itu, ia berharap para pimpinan KPK mendonasikan seluruh gajinya untuk penanganan wabah virus Corona.

Pakai Gerobak, Warga Semprot Disinfektan Cegah Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2