Deportasi TKI dari Malaysia Berlanjut saat Pandemi Corona, Riau Siap Tampung

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 12:58 WIB
Bupati Siak Syamsuar
Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar (Chaidir Anwar Tanjung/detikcom)
Pekanbaru -

Gelombang kepulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia masih berlanjut di tengah wabah virus Corona (COVID-19). Riau akan menjadi salah satu tempat pemulangan para TKI.

"Kita baru selesai menggelar rapat koordinasi terkait rencana pemulangan para TKI dari Malaysia. Wilayah Kota Dumai menjadi salah satu pelabuhan untuk pemulangan para TKI," kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, kepada wartawan, Rabu (25/3/2020).

Syamsuar menjelaskan, pemulangan TKI lewat perairan Riau ini setelah lewat jalur di Karimun di Provinsi Kepri sudah terlalu banyak. Sehingga pemerintah pusat meminta pemulangan TKI dari negeri jiran tersebut sebagian lewat perairan Riau.

"Kita akan koordinasi dengan Wali Kota Dumai apakah mereka sudah siap seluruhnya mengantisipasi pemulangan ini. Karena tentunya mereka akak cek kesehatannya untuk mencegah wabah COVID-19," kata Syamsuar.

Jika Wali Kota Dumai telah siap, sambung Syamsuar, maka besok juga kapal yang telah disediakan akan segera menjemput para TKI dari Malaysia. Kapasitas kapal tersebut bisa menampung 200-300 orang.

"Semuanya akan dilakukan pengecekan suhu tubuh. Bila ada yang suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat (Celcius), wajib dirujuk ke rumah sakit. Pengecekan kesehatan ini dilakukan KKP, ini dalam rangka pencegahan," kata Syamsuar.

Simak juga video 1 TKI di Singapura Terinfeksi Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2