ADVERTISEMENT

Cegah Corona di Papua, Kemendagri Sarankan Sosialisasi Khas Daerah

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 11:52 WIB
Website Virus Corona Resmi Indonesia
Ilustrasi virus Corona. (Foto: (Fitraya Ramadhanny/detikcom))
Jakarta -

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai perlunya melakukan langkah berbeda dalam menyosialisasikan penanganan penyebaran virus Corona (COVID-19) di Papua. Kemendagri menyebut warga di Papua kurang mendapatkan informasi mengenai penanganan virus Corona.

"Kemudian bagi Papua yang terus terang secara informasi masih kurang. Kemudian juga letaknya berjauhan ini penting dikembangkan sistem informasi sendiri," kata Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri Safrizal Za dalam jumpa pers yang disiarkan langsung melalui akun YouTube BNBP, Rabu (25/3/2020).

Safrizal menilai sosialisasi penanganan virus Corona di Papua perlu juga disampaikan dengan cara yang khas sesuai daerahnya. Dia menekankan social distancing juga perlu diterapkan di Papua.

"Seluruh masyarakat harus mengetahui, tidak saja melalui media, tapi juga melalui sosialisasi-sosialisasi khas Papua. Kemudian local social distancing juga perlu dilakukan di sana," ujarnya.

Syafrial mengimbau pemerintah Papua untuk selalu memastikan penanganan virus Corona dilakukan secara berjenjang hingga ke desa. Dengan begitu, sebut dia, penyebaran virus Corona di Papua bisa diminimalisir.

"Secara berjenjang pemda kepada pemerintah level bawah untuk lakukan tindakan pencegahan. Jika dilakukan bersama, maka papua nanti akan terlindungi dari angka-angka yang lebih tinggi," ujarnya.

Nekat! Keluarga PDP Corona Bawa Jenazah Pulang untuk Dikuburkan:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT