Punya Gejala Corona, Calon Penumpang di Bandara Pekanbaru Dirujuk ke RS

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 17:25 WIB
Corona virus: vial with pipette in laboratory
Ilustrasi Corona (Getty Images/iStockphoto/Bill Oxford)
Pekanbaru -

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II merujuk seorang calon penumpang ke rumah sakit karena memiliki ciri-ciri terinfeksi Corona. Calon penumpang dengan tujuan Jakarta itu memiliki suhu tubuh 38 derajat Celcius.

"Iya benar, hasil pemeriksaan Avsec penumpang yang akan berangkat ke Jakarta terdeteksi 38 derajat ke atas dan diobservasi ada gejala (Corona) sehingga kami rujuk ke rumah sakit," kata Kepala KKP Pekanbaru, Sarifudin kepada wartawan, Selasa (24/3/2020).

Sarifudin menjelaskan, perisriwa itu terjadi pada Senin (23/3) sekitar pukul 17.00 WIB. Calon penumpang ini merupakan warga Jakarta.

"Dia baru saja melakukan kunjungan ke Kabupaten Kuasing dan akan pulang ke Jakarta," katanya.

Selama proses observasi di Bandara SSK II Pekanbaru, sambung Sarifudin, warga Jakarta tersebut kooperatif.

"Bahkan di rumah sakit sampai 3 jam menunggu dapat kamar isolasi pasien nggak ada berusaha lari. Sampelnya belum diambil, baru besok mungkin dikirim," kata Sarifudin.

Sarifudin menjelaskan, saat di Bandara SSK II, pasien tadi ditemani seorang temannya yang ikut mengantarkan ke rumah sakit.

"Setahu saya cuma berdua dan temannya yang menemani di rumah sakit. Kalau nggak ada gejala kita izinkan berangkat lagi, kan belum pasti positif, bisa saja dia demam karena ada riwayat penyakitnya," tutup Sarifudin.

(cha/jbr)