Di Korea Selatan, Pejabat Tidak Pernah Diprioritaskan Dalam Tes Corona

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 14:26 WIB
Korea Selatan membuka layanan kesehatan untuk pemeriksaan corona via drive-thru. Hal itu dilakukan guna mengurangi terjadinya kontak untuk cegah penyebaran virus corona.
Foto: Tes Corona Drive Thru di Korea Selatan (AP Photo)
Jakarta -

Para Anggota DPR RI dan keluarganya akan menjalani tes Corona pekan ini. Rencana ini pun menuai kritik, lantaran masih banyak rakyat mengantre untuk tes Corona. Di Korea Selatan, negara yang dianggap sebagai percontohan sistem tes Corona, tidak pernah ada prioritas untuk pejabat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Politik Kedutaan Besar Korea Selatan untuk RI, Kim Hakjo kepada detikcom, Selasa (24/3/2020). Dia mengatakan tak pernah ada prioritas untuk pejabat dalam tes uji Corona.

"Pejabat tidak pernah diprioritaskan dalam sistem pengujian dan perawatan yang disebutkan di atas (sistem tes Corona)," kata Kim Hakjo saat berbincang dengan detikcom.


Seperti diketahui, sistem penanganan virus Corona di Korea Selatan dianggap sebagai percontohan dunia, salah satunya lewat model tes Corona drive-thru. Korea bahkan bisa melakukan 18.000 tes dalam sehari. Hal ini tak terlepas dari strategi lacak, uji dan obati yang diterapkan Korea terhadap kasus Corona.

"Strategi dasar pemerintah Korea bertujuan untuk 'mengejar dan melacak' kasus-kasus potensial dengan secara intensif memfokuskan kemampuan pengujian kami kepada kelompok berisiko tinggi," jelas Kim Hakjo.

Selanjutnya
Halaman
1 2