5 Ibadah yang Bisa Dilakukan saat Harus di Rumah untuk Cegah Virus Corona

Rosmha Widiyani - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 12:20 WIB
AI HamduLillah thanks to God of Islam, Arabic alphabet and Koran in hand - holy book of Muslims ( public item of all muslims )
Ibadah yang bisa dilakukan di rumah saat ada wabah virus corona (Foto: Getty Images/iStockphoto/meen_na)
Jakarta -

Pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menganjurkan agar umat Islam menunaikan ibadahnya di rumah. Sholat Jumat dan berjamaah di masjid sementara waktu ditiadakan untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Sambil melakukan upaya pencegahan lain, ibadah untuk mendekatkan diri pada Allah SWT tentu harus dilakukan. Ridho dari Allah SWT yang diimbangi rajin cuci tangan, tidak keluar rumah, dan menerapkan pola hidup sehat bisa melindungi diri serta lingkungan sekitar dari infeksi COVID-19.

Ibadah yang bisa dilakukan saat harus tinggal di rumah:

1. Sholat berjamaah bersama keluarga

Sholat tidak boleh ditinggalkan dengan berbagai alasan apalagi yang sifatnya wajib. Fatwa MUI telah menjelaskan, umat Islam disarankan sholat di rumah selama pandemi virus corona. Sholat berjamaah di masjid berisiko menjadi sarana penularan COVID-19 karena jarak yang dekat dalam satu tempat.

MUI juga menyarankan hal serupa terkait Sholat Jumat yang wajib bagi laki-laki sehat dan dewasa. Selama wabah virus corona, umat Islam boleh mengganti Sholat Jumat dengan sholat dzuhur yang dilakukan di rumah masing-masing. Sholat di rumah bisa dilakukan berjamaah bersama anggota keluarga.

2. Membaca Al Qur'an

Membaca Al Quran memiliki sejumlah keistimewaan. Seperti diriwayatkan dalam Hadits Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

Nah membaca Al Qur'an ini bisa dilakukan secara mandiri di rumah, tidak harus di masjid.

Selanjutnya
Halaman
1 2