Jadi Rujukan Pasien Corona, RSUD Kota Bogor Masih Bisa Terima Pasien Umum

Sachril Agustin - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 12:57 WIB
RSHS Bandung melakukan simulasi penanganan pasien suspect corona, Jumat (6/3/2020). Simulasi itu untuk menunjukkan kesiapan RSHS dalam menangani pasien suspect corona.
Ilustrasi penanganan pasien Corona (Foto: Wisma Putra)
Bogor -

RSUD Kota Bogor ditunjuk menjadi tempat untuk menangani pasien yang terjangkit virus Corona (COVID-19). Direktur RSUD Kota Bogor Ilham Chaidir mengungkapkan, RSUD Kota Bogor masih bisa menerima pasien umum.

"Masih, masih bisa (menerima pasien). Cuma kalau melihat kondisi ke depan ini, tergantung pada kebijakan nanti. Kalau memang membludaknya luar biasa seperti di Jakarta, mau enggak mau. Kita lihat situasi," kata Ilham, ketika dihubungi, Senin (23/3/2020).

Dia menjelaskan, ada sekitar 1.000 orang yang datang ke RSUD Kota Bogor tiap harinya. Ilham mengatakan, pengaturan dilakukan agar pasien lain tidak terkontaminasi COVID-19.

Di antaranya adalah dengan membatasi jadwal poliklinik dan memisahkan ruang perawatan dan intensive care unit (ICU) antara pasien biasa dengan pasien COVID-19.

"Isolasinya (ruang untuk pasien virus Corona) kita tingkatkan jadi lebih kurang 70 ya. Pada satu blok, satu lantai, kita peruntukan untuk covid," jelasnya.

Jokowi: Klorokuin Bukan Obat Bebas, Harus Pakai Resep Dokter:

Selanjutnya
Halaman
1 2