Brunei Setop Penerbangan Imbas Corona, KBRI Imbau WNI Kembali ke Tanah Air

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 11:36 WIB
Dubes RI untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko.
Dubes RI untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko. (Foto: Screenshot video KBRI Bandar Seri Begawan)
Jakarta -

Pemerintah Brunei Darussalam menutup sejumlah penerbangan internasional, termasuk ke Indonesia, mulai hari ini akibat virus Corona (COVID-19). Warga negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Brunei diminta segera kembali ke Tanah Air.

"Saya mengimbau kepada seluruh WNI yang ada di Brunei, terutama para wisatawan, para pelajar, para pengusaha, dan kelompok lain yang tidak memiliki urgensi untuk tinggal di Brunei. Maka saya harapkan, sesuai dengan instruksi pemerintah Indonesia, untuk segera meninggalkan Brunei Darussalam agar nanti tidak tertahan di negara ini," kata Duta Besar (Dubes) RI untuk Brunei, Sujatmiko, dalam video yang disiarkan melalui YouTube KBRI Bandar Sri Begawan, Senin (23/3/2020).

Sujatmiko mengatakan Brunei memang tidak menutup seluruh penerbangan internasional. Sejumlah penerbangan, seperti menuju Manila, Singapura, Melbourne, serta Hong Kong masih dibuka, tapi dengan jumlah yang sangat terbatas.

Hal tersebut, menurut Sujatmiko, bisa dimanfaatkan oleh WNI di Brunei yang ingin kembali ke Tanah Air. Dia menyebut WNI yang ingin pulang bisa menggunakan penerbangan menuju Singapura. Dari Singapura, sebutnya, WNI bisa membeli tiket lain untuk melanjutkan perjalanan ke Indonesia.

"Lalu opsi kedua untuk kembali ke Indonesia adalah dengan menggunakan penerbangan Singapura Airlines. Selain itu, Air Asia akan juga terbang ke Indonesia yang itu akan mulai 1 April apabila nanti semuanya memungkinkan," tutur Sujatmiko.

Mengenal APD yang Dibutuhkan Tenaga Medis Saat Lawan Corona:

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2