Maluku Konfirmasi 1 Kasus Positif Corona, Jejak Pasien Dilacak

Muslimin Abbas - detikNews
Minggu, 22 Mar 2020 18:05 WIB
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Maluku (Muslimin Abbas/detikcom)
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Maluku (Muslimin Abbas/detikcom)
Ambon -

Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Kasrul Selang mengumumkan hasil sampel yang dikirim ke Balitbangkes terkait virus Corona. Kasrul mengatakan ada satu pasien positif virus Corona di Maluku.

"Kami ada dua yang sudah ada hasil, 1 terkonfirmasi dan 1 lagi negatif. Jadi kita 1 yang positif sampai hari ini. Begitu kami sudah ada yang positif 1, kami mendefinisikan kami sudah ada 1 kasus kita menamainya kasus 01. Kemarin baru PDP dan ODP," kata Kasrul Selang di lantai 6 kantor Gubernur Maluku, Minggu (22/3/2020).

Kasrul menambahkan, perkembangan data laporan dari 11 kabupaten di Maluku terkait orang dalam pemantauan berjumlah 53 orang.

"Laporan jam 12.00 WIT, kami orang dalam pemantauan sudah 53 orang, sedangkan pasien dalam pengawasan itu 1 dan yang terkonfirmasi itu ada 1. Kami sekarang semua ada 53 itu di seluruh Maluku ya," ucap Kasrul.

"Yang saya baca orang dalam pemantauan, Ambon ODP 6, Maluku Tengah tidak ada, Seram Barat 3, Seram Timur tidak, Buru 10, Buru Selatan tidak ada, Tual 2, Maluku Tenggara tidak ada, KKT 26, Maluku Barat Daya tidak ada, Aru 6, dan pasien dalam pengawasan Ambon 1 orang, sedangkan kabupaten/kota lainnya tidak ada, dan terkonfirmasi Ambon 1 orang yang kami bicara tadi," jelas dia.

Kasrul menjelaskan, dengan adanya 1 orang positif Corona, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Maluku telah melakukan langkah-langkah pencegahan. Maluku melakukan pelacakan jejak pasien positif Corona.

"Sekarang kami lakukan pelacakan. Jadi kemarin pasien ini bagaimana dan seterusnya, kami menyiapkan beberapa lokasi, beberapa tempat isolasi. Kami memperketat lagi pintu masuk bandara dan pelabuhan," katanya.

(gbr/gbr)