Jokowi Sampaikan 3 Program Prioritas Atasi Corona dalam Ratas Kabinet

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Minggu, 22 Mar 2020 14:44 WIB
Jubir Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman
Jubir Presiden, Fadjroel Rachman (Foto: dok. Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tiga program prioritas yang ditujukan kepada Kabinet Indonesia Maju untuk menghadapi pandemi virus Corona (COVID-19). Tiga program itu disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas (ratas).

"Arahan strategis Presiden Joko Widodo sudah disampaikan dalam dua kali rapat terbatas (19/3/2020 dan 20/3/2020) berupa TIGA PROGRAM PRIORITAS Kabinet Indonesia Maju dalam menghadapi pandemi COVID-19. Yaitu memfokuskan dan menggerakkan semua sumber daya negara untuk mengendalikan, mencegah, dan mengobati masyarakat yang terpapar COVID-19. Memfokuskan dan menggerakkan semua sumber daya negara untuk menyelamatkan kehidupan sosial-ekonomi seluruh rakyat Indonesia. Memfokuskan dan menggerakkan seluruh sumber daya negara agar dunia usaha baik UMKM, koperasi, swasta dan BUMN terus berputar," kata juru bicara Presiden Republik Indonesia, Fadjroel Rachman, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (22/3/2020).

Fadjroel mengatakan pemerintah sudah menyiapkan tempat untuk menampung 2.400 orang di Wisma Atlet Kemayoran dari target 22.200 pasien yang dapat ditampung di 10 tower. Pemerintah juga sudah menyiapkan Pulau Galang, Pulau Sebaru, serta sejumlah hotel BUMN dan swasta untuk menampung pasien Corona.

"Termasuk menyiapkan masker, rapid test alat pelindung diri, dan lainnya yang diupayakan dari berbagai sumber dan negara," ujar Fadjroel.

Selanjutnya Fadjroel menyampaikan pemerintah terus berupaya meminimalkan dampak wabah virus Corona bagi kehidupan sosial maupun ekonomi masyarakat. Langkah-langkah yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan hal itu adalah melalui program-program yang sudah disiapkan, seperti program Keluarga Harapan (PKH) hingga menjamin ketersediaan bahan pokok.

"Pemerintah juga menggerakkan semua daya untuk menjamin jaring pengaman sosial bagi masyarakat terdampak kehidupan sosial-ekonominya agar konsumsi dan pendapatan masyarakat terjamin dengan menggencarkan bantuan sosial, seperti Program Keluarga Harapan, Penerima Bantuan Iuran, Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Sembako, Kartu Pra-Kerja hingga Dana Desa, serta memperbanyak Padat Karya Tunai dari Kementerian/Lembaga, juga menjamin ketersediaan bahan pokok," ucap Fadjroel.

Selanjutnya
Halaman
1 2