Survei Indo Barometer: 68% Publik Khawatir Corona karena Mudah Menular

Ibnu Hariyanto - detikNews
Sabtu, 21 Mar 2020 16:48 WIB
Ilustrasi virus Corona
Ilustrasi Virus Corona COVID-19 (Dok. National Institute of Allergy and Infectious Diseases)
Jakarta -

Lembaga Indo Barometer menggelar survei respons publik terhadap wabah virus Corona COVID-19. Survei menyatakan 68 persen publik khawatir dengan virus Corona.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan semua responden diberi pertanyaan yang sama. Setiap responden diberi pertanyaan: 'Setelah mengetahui/mendengar berita masuknya virus Corona (COVID-19) di Indonesia, bagaimana anda merespons berita tersebut, apakah sangat khawatir, cukup khawatir, tidak terlalu khawatir, atau sangat tidak khawatir?'.

"Hasilnya 21,3% sangat khawatir, 46,7% cukup khawatir, 30,2% tidak terlalu khawatir, 1,8% tidak khawatir sama sekali," kata Direktur Eksekutif M Qodari dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/3/2020).

Dari rincian yang disampaikan Qodari, Indo Barometer membaginya menjadi 2 kelompok: 68 persen khawatir dan 32 persen tidak khawatir.

Qodari mengatakan 68 persen responden yang menyatakan khawatir terhadap virus Corona ini memiliki sejumlah alasan. Dari penularannya sangat mudah, virus Corona dapat menyebabkan kematian, hingga belum ada obat atau vaksin Corona. Qodari menyebut faktor virus Corona sangat mudah menular menjadi alasan utama kekhawatiran responden dengan persentase sebanyak 46,8 persen.

Data Terbaru: Kasus Positif Corona Bertambah Jadi 450 Orang:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3