Round-Up

Diyakini Ampuh di Negara Tetangga, 2 Obat Dipesan Jokowi Basmi Corona

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Mar 2020 08:15 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi, Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Setpres
Jakarta -

Hingga saat ini, belum ada obat atau vaksin yang terkonfirmasi bisa menyembuhkan Corona. Tapi, pemerintah yakin, ada dua obat yang bisa membantu penyembuhan virus ini.

Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Corona, Achmad Yurianto mengatakan, Corona Virus Disease 2019 adalah self limiting disease atau penyakit yang bisa sembuh sendiri. Belum ada obat atau vaksin yang bisa menyembuhkan virus ini.

"Kita pahami penyakit ini adalah self-limited disease, artinya bisa sembuh sendiri berbasis pada imunitas. Oleh karena itu, saat ini kita tidak harus menunggu adanya obat yang definitif untuk mengobati ini ataupun vaksin yang definitif untuk melawan penyakit," kata Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Wabah Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di BNPB, Jaktim, Jumat (20/3/2020).

"Ini karena pasien sembuh jauh lebih banyak kalau kita melihat data global dibanding yang meninggal," imbuh dia.

Meski demikian, pemerintah sudah memesan obat yang bisa membantu kesembuhan dari penyakit yang disebabkan virus ini. Obat itu diyakini berhasil digunakan di negara lain.

"Ya pertama antivirus sampai sekarang belum ditemukan, tapi ada beberapa obat yang dicoba di 1, 2, 3 negara yang memberi kesembuhan," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Jokowi mengatakan saat ini pemerintah telah memesan sejumlah obat, seperti avigan dan klorokuin, yang terbukti membantu kesembuhan. Obat tersebut, menurutnya, sudah dipesan dalam jumlah besar.

"Obat avigan kita telah mendatangkan 5.000 akan kita coba dan kita dalam proses pemesanan 2 juta, kemudian klorokuin kita siap 3 juta, kecepatan ini yang ingin kita sampaikan bahwa kita tidak diam," ucap Jokowi.

Kenali Avigan dan Klorokuin, Obat yang Disiapkan Jokowi untuk COVID-19: