Tak Pikirkan Keselamatan Orang Lain, 2 Pria Ini Curi 150 Penambat Rel KA

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 15:44 WIB
Polres Muara Enim menangkap dua orang pencuri penambat rel kereta api (Raja Adil/detikcom)
Foto: Polres Muara Enim menangkap dua orang pencuri penambat rel kereta api (Raja Adil/detikcom)
Palembang -

Dua pria asal Muara Enim di Sumatera Selatan, Tris (21) dan Heryanto (45) ditangkap. Keduanya ditangkap usai mencuri pendrol atau penambat rel kereta api.

"Pelaku beraksi ada tiga orang, mengambil pendrol Selasa malam, sekitar pukul 19.00 WIB. Modusnya pendrol yang melekat di rel itu dipukul," terang Kapolres Muara Enim, AKBP Donni Eka, kepada wartawan, Jumat (20/3/2020).

Setelah pendrol lepas dari rel kereta, para pelaku langsung memasukkan ke dalam karung. Selanjutnya pedrol diangkut pakai sepeda motor untuk dijual.

"Pendrol dipukul pakai kayu, saat itu kereta api juga tidak ada. Tentunya ini kan sangat berbahaya," kata Donni.

Sementara Kasat Reskrim, AKP Dwi Satya menyebut pelaku Tris sudah 2 kali beraksi. Untuk sekali beraksi mampu menggasak puluhan pedrol atau penambat rel kereta api.

Foto: Polres Muara Enim menangkap dua orang pencuri penambat rel kereta api (Raja Adil/detikcom)

"Untuk pertama itu tanggal 6 Maret ada 60 pedrol yang hilang. Sementara yang kedua tanggal 17 (Maret), barang bukti ada 90 buah," kata Dwi.

Aksi pencurian sendiri dilakukan tak jauh dari kebun milik Herianto. Atas kejadian itu, PT KAI mengalami kerugian hingga Rp 2,6 juta.

"Kerugian materil Rp 2,6 juta, tapi aksi para pelaku ini sangat membahayakan. Di mana kereta yang melintas bisa mengalami laka, kereta anjlok dan ini membahayakan warga sekitar," tegas Dwi.

Selain kedua pelaku, polisi diketahui masih memburu satu pelaku lain berinisial JL. JL diketahui berperan sebagai penjual barang hasil curian tersebut.

Tonton video Pria Ini Curi Puluhan Besi Pembatas Jalan Tol:

[Gambas:Video 20detik]



(ras/jbr)