13 WNI di Malaysia Positif Corona, Kemlu: Peserta Tablig Akbar

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 12:08 WIB
Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah.
Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 13 warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia dinyatakan positif terjangkit virus Corona (COVID-19). Mereka adalah peserta acara tablig akbar yang sebelumnya diadakan di Masjid Sri Petaling, Malaysia.

"Iya benar (13 WNI positif Corona di Malaysia adalah peserta tablig akbar)," kata Plt Jubir Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Teuku Faizasyah, saat dimintai konfirmasi, Kamis (19/3/2020).


Sebelumnya, pada Senin (16/3), Faizasyah mengatakan jumlah WNI peserta tablig akbar yang dinyatakan positif terjangkit virus Corona ada tiga orang. Selama tiga hari terakhir berarti ada tambahan 10 WNI positif Corona yang memiliki riwayat menghadiri acara yang sama.

Untuk diketahui, otoritas Malaysia sebelumnya mengonfirmasi ada 10 ribu orang yang hadir dalam acara tablig akbar di Masjid Sri Petaling, Malaysia. Sekitar 5.000 orang di antaranya merupakan warga Malaysia dan sisanya dari beberapa negara.


Diperkirakan jemaah yang datang berasal dari beberapa negara, antara lain Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Singapura, Kamboja, Brunei Darussalam, China, India, Bangladesh, Myanmar, Aljazair, Tunisia, Yordania, Afrika Selatan, Australia, Arab Saudi, Korea Selatan, Gambia, Kanada, Selandia Baru, Jerman, Mesir, Tanzania, dan Jepang.

KBRI Kuala Lumpur, sebelumnya, juga meminta WNI yang mengikuti tablig akbar diperiksa ke rumah sakit. Hal itu tertuang dalam surat edaran KBRI Kuala Lumpur bahwa setiap WNI yang ikut tablig akbar tersebut agar melaksanakan imbauan Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM).


"WNI yang ikut dalam tablig akbar itu juga diminta segera melakukan pemeriksaan dan penanganan ke rumah sakit yang sudah ditetapkan Pemerintah Malaysia bila mengalami demam dan diikuti batuk dan gangguan pernapasan," tulis edaran tersebut seperti dilihat detikcom, Jumat (13/3).

Jokowi Ingin Tenaga Medis Corona Diberi Perlindungan dan Insentif:

[Gambas:Video 20detik]



(aud/mae)